Mengenal Proxima Centauri, Planet Sarang Alien

Proxima Centauri
Sumber :
  • planetary

VIVA – Polemik keberadaan alien selalu menarik menjadi bahasan. Ada yang percaya ada juga yang meyakininya. Terlepas dari pro-kontra tersebut, ada satu bintang atau terkadang disebut planet yang diyakini menjadi rumah atau sarang keberadaan alien. Namanya Proxima Centauri.

Lisa BLACKPINK Beli Rumah Baru di Beverly Hills Seharga Puluhan Miliar

Dihimpun dari berbagai sumber, Proxima Centauri adalah sistem bintang yang posisinya paling dekat dengan bumi. Lokasinya berjarak 4,2 tahun cahaya dari bumi dan mengorbit mengitari bumi dengan kecepatan 22,2 km per detik. 

Proxima Centauri sendiri merupakan bagian dari tiga sistem rasi bintang Alpha Centauri. Planet yang pertama kali ditemukan oleh Robert Innes pada 1915 ini secara tampilan memancarkan warna merah. 

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Keberadaan Proxima Centauri ini dapat dilihat dari bumi dengan teleskop dan diketahui punya dua exoplanet atau planet di luar tata surya. Termasuk foto tangkapan Hubble Space Telescope WFPC2 yang diambil pada tahun 2013 silam. 

Pertama, Proxima Centauri b yang sedikit lebih besar dibanding dengan ukuran bumi. Karakternya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin dengan material sebagian besar didominasi cairan seperti air. Sedangkan satunya Proxima Centauri c yang memang tak terlalu diekspos.

6 Jenderal Polisi Bintang 4 yang Berasal dari Jawa Tengah, Siapa Saja?

Diberitakan sebelumnya, nama Proxima Centauri kembali mencuat setelah planet di luar tata surya ini diduga menjadi rumah atau sarang alien. Hal itu diawali dengan ditangkapnya sinyal-sinyal misterius yang diyakini berasal dari planet tersebut. Para ilmuwan sendiri menyebut sinyal tersebut dengan Breakthrough Listen Candidate 1 atau BLC1.

Mobil hilang kendali, terbang dan menabrak garasi

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Sebuah tragedi terjadi di Jurupa Valley, California pada pekan lalu di Amerika Serikat. Di pagi hari yang cerah, mobil sedan melaju dengan kecepatan tinggi memasuki jalan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024