Apotek Ini Dilengkapi Game Komputer, Bikin Penasaran

Ilustrasi game komputer.
Sumber :
  • World Economic Forum

VIVA – Pada masa pandemi COVID-19 membuat masyarakat beralih ke smartphone untuk membeli obat-obatan atau produk kesehatan lainnya, termasuk layanan konsultasi dokter.

4 Tahap Memaafkan, Penting Agar Rasa Marah Tidak Sampai Mengganggu Kesehatan

Kementerian Kesehatan juga telah mendorong masyarakat menggunakan layanan kesehatan digital untuk mengantisipasi libur akhir tahun. Harapannya dapat mengurangi masyarakat ke luar rumah dan mendekati kerumunan sehingga mengurangi risiko tertular COVID-19.

Apalagi semenjak imbauan untuk di rumah saja, masyarakat lebih mengutamakan kesehatan sehingga ketika sedang sakit pun tidak dianjurkan pergi ke luar rumah. "Lebih baik membeli obat-obatan secara online daripada harus ke luar rumah. Karena, orang yang sedang sakit lebih rentan tertular penyakit," kata Kepala Eksekutif Itommey Group, Meila Prafitria, Jumat, 25 Desember 2020.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Untuk itu, Itommey Group membuka usaha di bidang kesehatan dengan sistem waralaba atau franchise bernama Apotek Online Medis. Menurut Meila, apotek ini bernuansa milenial yang membuat mereka merasa nyaman berlama-lama di dalamnya, karena ruang tunggunya dilengkapi oleh fasilitas game komputer.

Itommey Group berawal dari perusahaan IT yang berkomitmen membantu perusahaan lain dalam melakukan proses digitalisasi. Kini, mereka merambah ke dunia kesehatan dengan solusi digital one stop health service.

Kemenkes Ungkap Calon Dokter Spesialis Alami Depresi hingga Mau Bunuh Diri

“Selain meluncurkan Apotek Online Medis, pada bulan Januari 2021 juga ada aplikasi mobile Online Medis yang berbasis Telemedicine. Jadi, aplikasi ini dilengkapi dengan sistem pembelian obat secara online dengan obat dikirimkan langsung ke rumah pelanggan oleh kurir," paparnya.

Selain itu, lanjut Meila, masyarakat juga bisa melakukan konsultasi kesehatan dengan dokter yang memiliki surat izin praktik resmi secara online melalui video call di rumah. Aplikasi ini dapat diunduh langsung melalui Google Playstore di bulan depan atau saat peluncuran.

"Aplikasi Online Medis juga terdapat fitur deteksi detak jantung yang membantu dokter dalam memberikan diagnosa," tutur dia. Meila menambahkan para dokter yang tergabung di Apotek Online Medis memiliki surat izin praktik resmi dari instansi pemerintah.

Hal ini membuat para dokter di Apotek Online Medis bisa memberikan resep dokter, surat rujukan cek laboratorium, dan surat istirahat bagi pasien yang melakukan kontrol kesehatan melalui video call di aplikasi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya