WhatsApp, TikTok dan YouTube Dongkrak Trafik Data 2 Operator Seluler

Facebook, WhatsApp, dan Instagram.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Facebook, WhatsApp, Instagram, YouTube, TikTok, Telegram, dan Netflix adalah deretan aplikasi digital yang paling banyak dipakai oleh pengguna Telkomsel dan Indosat Ooredoo selama liburan Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021 atau Nataru, sehingga mendongkrak trafik data kedua operator seluler Indonesia tersebut.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengaku, secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19 persen.

Selanjutnya, diikuti layanan video streaming, communications (pesan instan dan konferensi video), mobile gaming, dan e-commerce yang secara masing-masing memiliki proporsi 28,27 persen, 19,58 persen, 2,64 persen, dan 1,85 persen.

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

"Menariknya lagi, kami menemukan adanya peningkatan pemakaian dari tiga layanan digital Telkomsel, yaitu CloudX, VoLTE, dan MAXstream," kata Setyanto, Senin, 4 Januari 2021. Ia melanjutkan, jika dibandingkan dengan hari-hari biasa pada tahun lalu, pertumbuhan pemanfaatan platform konferensi video CloudX mencapai 379,55 persen.

Lalu, kenaikan layanan VoLTE meningkat 48,43 persen serta video streaming MAXstream sebesar 43,33 persen. Pencapaian tersebut menunjukkan peningkatan tren video streaming secara keseluruhan juga semakin tumbuhnya minat pengguna untuk menikmati hiburan digital yang disajikan MAXstream.

WhatsApp Mau Dibuat Semakin Pintar

Selain itu, angka tersebut juga menunjukkan akan adanya kebutuhan pelanggan untuk terus terhubung dengan kerabat terdekat melalui berbagai macam saluran, terlebih momen pergantian tahun ini masih harus dirayakan dengan memaksimalkan aktivitas digital dan pertemuan virtual sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Pada kesempatan terpisah, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo, Medhat Elhusseiny, mengaku bangga dapat memberikan pengalaman digital terbaik kepada pelanggan selama libur Nataru.

Menurutnya, Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) dan Service Operation Center (SOC) memastikan semua pelanggan bisa menikmati layanan digital terbaik selama liburan, karena didukung oleh pemantauan jaringan yang intensif melalui AI (artificial intelligence)/ML (machine learning).

"Melalui platform operasi digital baru ini maka operasional jaringan Indosat Ooredoo telah menunjukkan efisiensi dalam penyelesaian masalah dan menghadirkan pengalaman digital ke level terbaik untuk semua perangkat jaringan kami secara nasional yang tercermin dari pengurangan keluhan pelanggan hingga 65 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ungkap Medhat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya