Pengguna Tri Indonesia Doyan Main Free Fire di Smartphone

Game online Free Fire.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Operator seluler Tri Indonesia mencatat lonjakan trafik data internet sebesar 80 persen untuk game online Garena Free Fire saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 atau Nataru.

Waspada Penipuan Kerja Paruh Waktu yang Marak di Shopee

Menurut Chief Technical Officer Tri Indonesia, Desmond Cheung, peningkatan tinggi tersebut tidak lepas dari banyaknya pengguna yang menghabiskan liburan selama sepekan di rumah, sesuai imbauan pemerintah untuk merayakan Nataru dari rumah saja.

"Dengan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) selama Natal dan Tahun Baru, para pelanggan kami menjadi lebih aktif menggunakan platform digital untuk tetap terhubung dengan orang-orang terdekat, atau untuk mengakses game online di smartphone seperti Free Fire," kata dia, Rabu, 6 Januari 2021.

Geger Seorang Wanita Dilarang Naik Kendaraan Online Gegara Bernama Ini

Tidak hanya game online Free Fire, Desmond juga melihat ada lonjakan penggunaan aplikasi lain seperti pesan instan dan media sosial. Pemakaian WhatsApp naik 20 persen, sementara tiga aplikasi media sosial, yaitu TikTok, Instagram, dan Facebook meningkat 13 persen.

Sementara saat jam sibuk Malam Tahun Baru, antara pukul 20.00 WIB pada 31 Desember 2020 hingga 02.00 WIB pada 1 Januari 2021, di mana banyak dari pelanggan Tri Indonesia menggunakan internet untuk melakukan panggilan video lewat WhatsApp, bermain mobile game, serta mengakses media sosial.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Bukan itu saja. Desmond mengaku telah melakukan optimasi jaringan di kawasan pemukiman dan titik keramaian sebelum liburan, termasuk menyediakan Cells of Wheels (COW) tambahan di sepanjang Tol Jakarta-Semarang, seperti Rest Area Kendal 1 (KM 360), Rest Area Kendal 2 (KM 379), dan Rest Area Saradan (KM 626).

"Di tengah masa yang sangat menantang ini, kami sudah menambah 6.000 BTS 4,5G Pro di seluruh Indonesia. Kami juga mendapatkan tambahan frekuensi 10MHz di pita frekuensi 2.300 MHz," ungkap Desmond.

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Lempar Guyon soal Pers: Kadang-kadang Kalian Meresahkan Pimpinan Politik

Bagi Prabowo Subianto, insan pers penting karena bagian dari demokrasi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024