Banyak Faktor Bikin Harga Bitcoin Melejit

Bitcoin.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA – Bitcoin kembali raih harga tertinggi hingga US$40 ribu atau Rp564 juta pada 7 Januari 2021, setelah sebelumnya harga mata uang digital itu mencapai US$20 ribu (Rp282 juta) pada akhir tahun lalu. Tidak hanya itu, Bitcoin juga digadang-gadang bisa mencapai harga lebih tinggi dalam jangka panjang.

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Melonjaknya harga Bitcoin didorong oleh banyaknya investor yang menjadikan mata uang digital sebagai alternatif investasi dan masyarakat yang mulai tertarik untuk belajar mengenai aset kripto.

Bitcoin dikenal sebagai salah satu aset berbentuk virtual yang kerap digunakan sebagai alat investasi dan telah diakui oleh Dewan Pengawasan Bursa Berjangka Indonesia setelah Bappebti Kementerian Perdagangan mengeluarkan Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 5 Tahun 2019 tentang Teknis Penyelenggaraan Pasar Komoditi Aset Kripto (Crypto Assets).

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Dalam aturan tersebut, Bitcoin ditetapkan sebagai salah satu komoditi aset digital yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka. Di Indonesia sudah banyak perusahaan penyedia platform jual-beli aset kripto atau exchange yang aman dan berlisensi.

Beberapa exchange yang telah terdaftar di Bappebti sebagai pedagang aset kripto di antaranya Luno, Rekeningku.com, Indodax, Bitocto, Zipmex, Pintu, Upbit, dan Digital Exchange Indonesia.

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

“Tingginya harga Bitcoin membuat banyak negara yang menerbitkan peraturan tentang aset kripto dan beberapa perusahaan mulai berinovasi menggunakan mata uang digital itu. Kemudian, diikuti dengan Bitcoin halving yang terjadi pada bulan Mei 2020. Seluruh faktor ini menjelaskan melejitnya harga Bitcoin,” kata Chairman Asosiasi Blockchain Indonesia, ujar Oham Dunggio, Rabu, 13 Januari 2021.

Tidak hanya Bitcoin, aset kripto yang dapat diperdagangkan sebenarnya beragam jenisnya. Secara global bahkan jumlahnya diklaim lebih dari 1.000 jenis.

Beberapa jenis yang populer adalah cryptocurrency dengan produk paling terkenal, yaitu Bitcoin, lalu ada platform token yang produk terkenalnya adalah eter (ETH) dari blockchain ethereum, dan mata uang fiat kripto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya