Game Online Semakin Marak, Pamor Mainan Edukatif Tak Redup

Ilustrasi game online
Sumber :
  • Instagram/@tiagofilipenogueira

VIVA – Data yang dikeluarkan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada awal November 2020, menyebutkan salah satu bentuk hiburan yang banyak dipilih masyarakat saat work from home (WFH) akibat pandemi COVID-19 adalah bermain game online yang angkanya mencapai 16,5 persen.

DJKI - Tokopedia Bantu Kembangkan Usaha Produk Indikasi Geografis

Bahkan, berdasarkan informasi yang didapatkan dari Newzoo Global Games Market Report 2020 jumlah pendapatan dari mobile gaming secara global pada tahun lalu bertambah sebesar 13 persen dan untuk pemain game online atau gamer melebihi 3 miliar orang hingga 2023.

Statista melaporkan ada 50,8 juta pengguna mobile game di 2020. Hal tersebut tidak lepas dari imbas kebijakan WFH. Alhasil membuat penggunaan dan unduhan aplikasi game online melonjak, bahkan diprediksi akan meningkat sebanyak 21,6 persen pada 2025.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Di tengah maraknya game online, tenyata Indonesia memiliki mainan edukatif anak Muslim bernama Super Team Little Zam. Bisnis ini semakin dikenal luas oleh masyarakat hanya dalam kurun waktu dua tahun.

Bukan sekadar mainan, Super Team Little Zam merupakan sarana belajar yang menyenangkan untuk anak. Terlebih saat pandemi seperti sekarang. Bisnis ini ditekuni oleh tujuh perempuan muda nan enerjik.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketujuhnya yaitu Nadhila Shabrina, Luthfiani Shabrina, Mella Setyowati, Ifa Latifah, Rumaishatul Ulya, Rahmy Madina, serta Fahma Nurika Aisyah selaku founder sekaligus Mastermind Strategist Super Team Little Zam.

"Kami ingin memberdayakan perempuan sesuai dengan fitrahnya. Kami juga terus berupaya menciptakan permainan-permainan anak yang inovatif, edukatif, dan memberdayakan bagi keluarga Muslim di seluruh dunia," kata dia, Kamis, 14 Januari 2021.

Kini, Little Zam sudah memiliki 13 produk, yaitu Sang Pemimpi, Rumahku Sekolahku, Rainbow Quran, Menyapih dengan Cinta, dan Generasi Cinta Al-Quran (GCA) yang merupakan produk unggulan Little Zam, juga Generasi Cinta Ilmu sebagai produk lanjutan dari series GCA.

Mereka juga telah memiliki ribuan reseller dari seluruh Indonesia. Sebagian besar reseller adalah para ibu yang sudah merasakan manfaat dari permainan Super Team Little Zam dan memutuskan untuk bergabung sebagai reseller.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya