Alam Temukan Planet Antah Berantah Telanjang

Exoplanet.
Exoplanet.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ilmuwan menemukan exoplanet atau planet ekstrasurya (planet di luar Tata Surya) raksasa gas yang disebut WASP-62b berada dalam kondisi telanjang alias tanpa awan maupun kabut.

Artinya, planet antah berantah itu nampak benar-benar jernih, sehingga menjadi sesuatu hal yang langka terjadi pada exoplanet. Fenomena ini memberi para ilmuwan kesempatan yang unik untuk mengintip ke dalam dan melihat dari apa atmosfer itu dibuat.

Baca: Alien Punya Banyak Rumah, Ilmuwan Terkejut

"Saya akui pada awalnya saya tidak terlalu bersemangat menyelidiki lebih dalam tentang exoplanet. Tapi begitu saya mulai melihat data, saya menjadi bersemangat," kata Astronom Munazza Alam, seperti dikutip dari situs Science Alert, Kamis, 28 Januari 2021.

Ketika ditemukan pada 2012, WASP-62b memiliki penampakan yang sama dengan exoplanet lain. Besarnya sekitar 1,4 kali ukuran dan 0,57 kali massa Jupiter. Planet ekstrasurya itu mengorbit bintang katai kuning-putih muda yang sedikit lebih besar dari Matahari, atau disebut WASP-62.

Seperti kebanyakan exoplanet yang sudah dikonfirmasi, WASP-62b berada pada orbit yang cukup dekat. Namun, WASP-62b lebih dekat ke bintangnya sehingga periode orbitnya hanya 4,41 hari. Artinya, planet itu sangat panas dengan suhu rata-rata sekitar 1.330 Kelvin, atau masuk ke dalam kategori 'Jupiter panas'.

Pada suhu tersebut WASP-62b kemungkinan besar akan menguap. Letaknya yang relatif dekat dengan Bumi menjadikannya kandidat yang ideal untuk dicirikan atmosfernya. Unsur kimia yang berbeda tentu menyerap panjang gelombang yang berbeda. Informasi ini dapat digunakan untuk melihat dari apa atmosfer di WASP-62b terbentuk.