Valuasi MPL Hampir Rp14 Triliun, Siap Ekspansi Tahun Ini

MPL Invitational.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Valuasi platform eSports dan mobile gaming asal India, Mobile Premier League (MPL), mendekati US$1 miliar (Rp14 triliun) setelah berhasil menghimpun dana segar senilai US$95 juta (Rp1,3 triliun) dalam putaran pendanaan Seri D, sehingga MPL berhasil mengumpulkan US$945 juta (Rp13,24 triliun).

Bank Muamalat Cetak Laba Rp 14,1 Miliar pada 2023, Aset Tumbuh 9 Persen

Penggalangan dana putaran terakhir ini dipimpin oleh Composite Capital dan Moore Strategic Ventures, serta didukung oleh Base Partners, RTP Global, SIG, Go-Ventures, Telstra Ventures, Founders circle, dan Play Ventures. Total modal yang dikumpulkan sejak MPL berdiri pada September 2018 hingga saat ini berada di angka US$225,5 juta (hampir Rp3,17 triliun).

Platform eSports MPL telah dimainkan oleh 60 juta di India dan 3,5 juta pengguna di Indonesia. MPL memiliki 50 games lebih yang terbagi dalam beberapa kategori untuk Android dan iOS, hanya di India, dan telah bekerja sama dengan 28 pengembangan permainan (game developer).

PBB Harus Usir Israel dari Gaza jika Tak Patuhi Resolusi Gencatan Senjata, Menurut PKS

Managing Director Composite Capital, Kanush Chaudhary, mengaku senang bermitra dengan MPL dan mendukung terus pertumbuhan mereka. "Kami percaya MPL akan terus berinovasi dan terus mendorong dunia eSports, baik di India maupun mancanegara,” kata dia, Sabtu, 6 Februari 2021.

Pemberlakuan lockdown di beberapa negara sepanjang tahun lalu akibat pandemi COVID-19 telah memberikan peluang bagi industri eSports untuk berkembang pesat di dunia, khususnya Asia.

FC Mobile Indonesia Rayakan Kesuksesan dengan Aksi Sosial

Kepala Eksekutif MPL, Sai Srinivas, menyebut suntikan dana baru ini akan digunakan untuk memperluas portofolio game eSports dan juga akan menyelenggarakan lebih banyak turnamen eSports berskala nasional maupun internasional. Dana tersebut juga untuk berekspansi internasional pada tahun ini.

Menurutnya, MPL berada di garis depan dalam mendemokratisasikan eSports di Indonesia dan India. Partisipasinya dalam Piala Presiden eSports 2020, untuk kategori casual gaming, MPL berhasil mengumpulkan 50 ribu orang partisipan dari kalangan remaja sampai dewasa yang tersebar secara nasional.

"Kami juga menyediakan hadiah uang yang jumlahnya mencapai Rp225 juta. Tentu, pendanaan baru ini akan membantu kami fokus kepada main value proposition, yaitu sebagai platform mobile gaming yang kuat dengan menghadirkan fitur terbaik bagi para gamer dan menambah permainan eSports terbaik ke dalam MPL," jelas Sai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya