Logo BBC

Pacaran di Aplikasi Kencan Online Gak Kurangi Keintiman Saat Valentine

Ilustrasi pacaran lewat aplikasi kencan online.
Ilustrasi pacaran lewat aplikasi kencan online.
Sumber :
  • bbc

pacaran, pandemi, covid-19
Getty Images
Pacaran selama pandemi telah mengalami perubahan karena pembatasan bepergian.

Saat Inggris berlakukan lockdown karena pandemi COVID-19, untuk kali pertama Maret tahun lalu, Kristina sadar bahwa upayanya mencari jodoh makin susah.

Seperti kebanyakan orang, dia lalu beralih ke kencan virtual - yaitu gaya pacaran jarak jauh lewat video di aplikasi kencan online yang membuat dia kini lebih terbiasa, dan dalam beberapa hal, lebih dia suka. Jadi, apakah "Zoomancing" (atau pacaran lewat Zoom) ini sudah mengubah cara orang berpacaran untuk seterusnya?

"Lockdown benar-benar bikin saya tidak bisa keluar untuk pacaran," kata Kristina, seorang perempuan berusia 43 tahun asal Afrika Selatan yang bekerja sebagai pengasuh anak di London.

"Saya masih ingin nongkrong di bar dan minum bersama teman-teman. Tapi saya tidak lagi kangen dengan proses bertemu seseorang yang belum saya cukup tahu seperti sebelumnya."

"Dengan [pacaran] lewat video (di aplikasi kencan online), kita tetap berada di rumah, kalau ada yang salah dan jadi tidak canggung. Saya pun bisa hemat uang dan waktu."

`Cinta pelan-pelan`

pacaran, kencan
Getty Images
Survei menunjukkan bahwa banyak orang pilih menunda bertemu langsung untuk kencan pertama bahkan walaupun mereka mampu melakukannya.