Gara-gara Bintang, Google Kena Sanksi

Logo Google.
Sumber :
  • Businessinsider/Azhar Kasman

VIVA – Raksasa teknologi Google setuju membayar denda 1,1 juta euro atau Rp18,5 miliar, karena telah memberikan peringkat bintang yang menyesatkan untuk hotel-hotel di Prancis.

Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas Usai Ngamar Bareng 2 Pria di Hotel Jaksel

Mereka telah menerapkan sistem penilaiannya sendiri dengan menggunakan algoritma untuk hotel yang diterapkan melalui mesin pencari serta Google Maps. Namun, pada 2019, menyusul sejumlah keluhan dari para pelaku bisnis perhotelan, French National Competition and Consumer Watchdog (DGCCRF), dan mulai penyelidikan terhadap sistem Google.

Hasil penyelidikan mengungkapkan bahwa Google telah mengganti sistem klasifikasi standard Dewan Pariwisata Publik (Atout France) dengan sistem peringkat bintang versinya sendiri dan telah diterapkan pada lebih dari 7.500 perusahaan.

7 Rahasia Google

Mengutip TechCrunch, Selasa, 16 Februari 2021, konsep Google tentang hotel 'bintang lima' tidak sama dengan versi Atout France. Lembaga Pengawas Konsumen Prancis juga menemukan bahwa presentasi Google untuk mengklasifikasikan hotel berbintang satu hingga lima membingungkan konsumen.

“Praktik ini sangat merugikan konsumen serta menyesatkan tentang tingkat layanan yang dapat mereka harapkan saat memesan akomodasi. Hal ini juga mengakibatkan prasangka bagi pelaku bisnis perhotelan yang mendapat peringkat lebih rendah daripada peringkat resmi Atout Prancis,” demikian keterangan resmi Lembaga Pengawas Konsumen Prancis.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Selain setuju untuk membayar denda, Google juga telah mengubah peringkat bintang hotel di Prancis. Jadi, wisatawan di negara Menara Eiffel itu tidak akan merasa tertipu dengan hotel bintang lima yang mereka lihat di Google Maps, karena memiliki standard resmi.

Seorang juru bicara Google mengonfirmasi bahwa mereka telah menyelesaikannya dengan DGCCRF, yaitu membuat perubahan yang diperlukan dengan hanya menampilkan peringkat bintang Prancis yang resmi untuk hotel di Google Maps dan mesin pencarian.

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Henrikus Yossi

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

Seorang remaja perempuan berusia 16 tahun ditemukan tewas di dalam kamar hotel kawasan Jakarta Selatan.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024