Logo DW

Hacker Korea Utara Mau Curi Informasi Vaksin COVID-19 Pfizer

Gedung Pemerintah Korea Utara di Ibu Kota Pyongyang.
Gedung Pemerintah Korea Utara di Ibu Kota Pyongyang.
Sumber :
  • Pixabay

Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan memberikan informasi bahwa peretas atau hacker Korea Utara mencoba mencuri sistem informasi yang mencakup vaksin COVID-19 dengan menggunakan perang dunia maya dari perusahaan farmasi Pfizer.

Hal itu disampaikan oleh anggota parlemen Ha Tae-keung kepada wartawan. Kantor Pfizer di Asia dan Korea Selatan belum memberikan pernyataan mengenai upaya peretasan ini.

Pada akhir 2020, baik Pfizer maupun BioNTech, mengatakan bahwa dokumen yang berkaitan dengan vaksin "diakses secara tidak sah" melalui serangan dunia maya di server European Medicines Agency (EMA), regulator obat Uni Eropa.

Pernyataan itu muncul setelah EMA yang berbasis di Amsterdam, Belanda, mengatakan telah menjadi korban serangan peretasan, tanpa menyebut kapan itu terjadi.

Daftar panjang upaya peretasan Pyongyang

Tuduhan meretas Pfizer muncul hanya satu minggu setelah laporan rahasia PBB yang dilihat oleh AFP, mengungkap bahwa hacker Korea Utara telah mencuri lebih dari US$300 juta uang kripto atau cryptocurrency melalui serangan siber dalam beberapa bulan terakhir. Hasil curian tersebut diduga digunakan untuk mendukung program senjatanya.

Dokumen itu juga menyebutkan lembaga keuangan dan bursa yang diretas, dimanfaatkan untuk menghasilkan pendapatan bagi pengembangan nuklir dan rudal Pyongyang.