Ada Kejutan dari Krispy Kreme Ketika NASA Berhasil Masuk Mars

Mars Doughnut, donat Planet Mars kreasi Krispy Kreme.
Sumber :
  • best celebrity news

VIVA – Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA sedang bersiap untuk mendaratkan penjelajah Perseverance di Mars pada Kamis, 18 Februari pukul 20.55 GMT atau Jumat, 19 Februari 2021 pukul 03.55 WIB. Sebelumnya, Hope milik Uni Emirat Arab (UEA) dan Tianwen-1 China sudah berhasil masuk orbit planet tetangga Bumi tersebut.

NASA Cari Volunteer untuk Tinggal 1 Tahun di Mars, Ini Syaratnya

Untuk merayakan kesempatan langka ini, Krispy Kreme akan menawarkan sebuah donat edisi terbatas yang menyerupai Mars. Namanya 'Mars Doughnut', yang diisi dengan krim cokelat dan dicelupkan ke dalam lapisan gula karamel yang telah diwarnai agar terlihat seperti planet merah.

Baca: Terkuak Alasan China, AS dan UEA Bisa Barengan Sampai ke Mars

Kumpulan Promo Murah di Hari Valentine dan Pemilu 2024!

Perseverance diluncurkan pada Juli 2020 dan segera sampai di Mars bulan ini. Penjelajah seukuran SUV itu akan mendarat di dasar danau kuno di dalam Kawah Jezero. Wahana antariksa nirawak tersebut akan mencari tanda-tanda kehidupan di masa lalu sambil menyimpan sampel untuk dibawa ke Bumi pada misi selanjutnya.

Selain rangkaian instrumen sains dan kamera, Perseverance juga menerbangkan 11 juta nama orang dari seluruh dunia yang mendaftar melalui program 'Send Your Name to Mars' NASA. Nama-nama tersebut berkesempatan mendapat donat gratis dari Krispy Kreme.

Perburuan Alien Tetap Gaspol

Persyaratannya adalah mereka harus membawa boarding pass dan Krispy Kreme akan memberi satu Mars Doughnut gratis. Menurut situs Space, donat lezat itu hanya ada di lokasi tertentu, yakni AS dan Kanada saja.

Perseverance juga akan menguji teknologi baru yang bisa membantu membuka jalan bagi eksplorasi di planet tetangga Bumi, termasuk Mars Helicopter Ingenuity yang akan mencoba penerbangan pertamanya di Mars.

Proses pendaratan Perseverance akan berlangsung sekitar tujuh menit, atau dimulai saat wahana  yang diluncurkan di atas roket United Launch Alliance (ULA) itu memasuki atmosfer hingga mendarat mulus.

Para insinyur NASA menyebut urutan ini sebagai 'seven minutes of terror' karena keterlambatan sinyal selama 11 menit. Intinya, pada saat NASA menerima sinyal radio pertama dari Perseverance ketika memasuki atmosfer Mars itu artinya penjelajah sudah berhasil mendarat.

"Ada satu hal yang kami ketahui bahwa pendaratan di Mars tidak pernah mudah. Tapi sebagai penjelajah Mars kelima NASA, Perseverance memiliki silsilah teknik dan tim misi yang luar biasa," ujar NASA's Associate Administrator for Communication, Marc Etkind.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya