Logo BBC

Penampakan Burung Setengah Jantan dan Betina yang Tertangkap Kamera

Burung langka.
Burung langka.
Sumber :
  • bbc

Burung
Jamie Hill

Seekor burung yang tampaknya setengah jantan dan setengah betina tertangkap kamera seorang penggemar burung di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) yang bergegas keluar dengan kameranya ketika dia mendengar seorang temannya melihat burung kardinal utara.

Meskipun bukan satu-satunya, burung dengan dua jenis kelamin jarang ditemukan. Burung kardinal utara jantan berwarna merah cerah, sedangkan betina berwarna coklat pucat. Burung yang difoto itu, dengan perpaduan dua warna, menunjukkan ia mungkin campuran dari dua jenis kelamin.

Ahli burung Jamie Hill, 69, yang sudah pensiun, mengatakan kepada BBC bahwa itu adalah "temuan sekali seumur hidup, satu dari sejuta".

Teman Hill mengatakan kepadanya bahwa dia telah melihat "burung yang tidak biasa" datang ke tempat makan burungnya di Warren County, di negara bagian Pennsylvania.

Pada awalnya, Hill bertanya-tanya apakah burung itu leucistic - istilah yang berarti burung akan kehilangan pigmentasi pada bulunya, tetapi bukan setengah betina, setengah jantan.

Tapi setelah melihat gambar ponsel, dia menduga itu adalah apa yang disebut bilateralgynandromorphism, yaitu ketika burung memiliki ovarium dan testis tunggal yang berfungsi.