Pemerataan Kualitas Jaringan 4G LTE demi Gaya Hidup Digital

Terhubung Jaringan 4G LTE Telkomsel.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA – Telkomsel berkomitmen untuk meneruskan pemerataan infrastruktur dan kualitas jaringan 4G LTE di seluruh wilayah Indonesia pada 2021, di mana dengan semakin tingginya kebutuhan pengalaman gaya hidup digital masyarakat terutama di masa pandemi COVID-19.

Swiss German University Dukung Revolusi Industri 4.0 di Indonesia!

"Kami akan mengarahkan rencana pembangunan pemerataan infrastruktur dan kualitas broadband dengan pemerataan akses 4G LTE sepanjang tahun ini yang juga didampingi dengan penambahan kapasitas dan kecepatan jaringan," kata Direktur Jaringan Telkomsel, Nugroho, Kamis, 25 Februari 2021.

Baca: Meski Lagi Pandemi Bukan Berarti Enggak Bisa Rekreasi

Ekonomi Digital di ASEAN Meningkat, HSBC Luncurkan Growth Fund Rp15,8 Triliun

Pembangunan jaringan yang didasari penambahan kapasitas dan kecepatan jaringan merupakan cara operator seluler milik negara ini untuk menjawab kebutuhan pelanggan, yang banyak mengandalkan internet selama pandemi COVID-19. Tahun lalu, Telkomsel menemukan ada lonjakan signifikan untuk traffic payload layanan broadband.

"Pada tahun ini secara keseluruhan Telkomsel memprediksi akan terjadi pertumbuhan trafik akses broadband yang masih sangat tinggi. Memahami hal tersebut kami juga akan melanjutkan fokus pada pengembangan cakupan layanan VoLTE serta mengkaji penerapan teknologi pendukung terbaru seperti Open RAN di Indonesia," jelasnya.

Kemenkeu, Kemenhub, Kemenkes, dan Bank Mandiri Berkolaborasi Pangkas Transaksi di Pelabuhan

Hal ini untuk memastikan kesetaraan pengalaman broadband masyarakat terpenuhi. Bukan itu saja, Telkomsel tahun ini fokus pada pengembangan jaringan yang mementingkan pengalaman digital pengguna yang beradaptasi dengan gaya hidup baru selama pandemi COVID-19.

Pemerataan akses jaringan 4G LTE di wilayah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) dilakukan dengan membuat lebih dari 2 ribu menara BTS di wilayah-wilayah yang menjadi bagian proyek BTS universal service obligation (USO).

USO merupakan program dari Badan Aksesbilitas dan Informasi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Bakti Kominfo) untuk pemerataan dan kesetaraan akses internet broadband di seluruh wilayah Indonesia.

Sementara untuk wilayah non-3T, Telkomsel berkomitmen untuk 1.500 menara BTS 4G LTE. Upaya Telkomsel ini juga untuk mendukung program pemerintah menyediakan jaringan 4G LTE di seluruh Indonesia pada 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya