Logo BBC

Deepfake Tak Sekadar untuk Iseng, tapi Teknologi Masa Depan

Teknologi deepfake.
Teknologi deepfake.
Sumber :
  • bbc

The deepfake Kim Joo-Ha
MBN
Para penonton di Korea Selatan sebelumnya diberi tahu tentang deepfake Kim Joo-Ha, seperti yang muncul dalam gambar ini.

Beberapa bulan yang lalu, jutaan pemirsa televisi di Korea Selatan menonton saluran MBN untuk mendapatkan berita terbaru. Pada jam-jam sibuk, penyiar berita Kim Joo-Ha mulai membacakan berita utama hari itu.

Daftar beritanya relatif normal untuk akhir 2020, penuh dengan COVID-19 dan perkembangan terbaru tentang penanganan pandemi tersebut.

Namun, buletin yang satu ini jauh dari normal, karena sebenarnya bukan Kim Joo-Ha yang tampil di layar. Dia telah digantikan oleh versi "deepfake" dari dirinya sendiri – salinan buatan komputer yang berusaha meniru suara, gerak tubuh, dan ekspresi wajahnya dengan sempurna.

Para pemirsa telah diberi tahu bahwa ini akan terjadi, dan media Korea Selatan melaporkan bahwa orang-orang memberi tanggapan beragam setelah menontonnya.

Sebagian orang takjub pada betapa realistisnya tiruan itu, sebagian yang lain mengatakan mereka khawatir Kim Joo-Ha yang asli akan kehilangan pekerjaannya.

MBN mengatakan akan terus menggunakan deepfake untuk beberapa laporan breaking news, sementara perusahaan di balik teknologi kecerdasan buatan (AI) itu - perusahaan Korea Selatan Moneybrain - mengatakan mereka akan mencari media lain yang berminat di China dan AS.