Masih Pandemi, Bayar Angsuran Lewat Jentikan Jari

Transaksi digital.
Sumber :
  • TechFunnel

VIVA – Indonesia telah menjadi negara dengan nilai transaksi ekonomi digital tertinggi di Asia Tenggara pada 2020. Berdasarkan data dari hasil studi Google, Temasek, dan Bain & Company 2020, yang menyatakan nilai transaksi ekonomi digital Indonesia mencapai US$44 miliar (Rp634 triliun) di tahun lalu.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Bahkan, menurut laporan tersebut, nilai transaksi ekonomi digitalnya diprediksi akan mampu mencapai angka US$124 miliar (Rp1.788 triliun) pada 2025. Capaian itu didukung oleh kontribusi dari sektor e-commerce Indonesia, yang total nilai transaksinya bisa menembus hingga kisaran US$32 miliar (Rp461 triliun) di tahun lalu.

"Diperkirakan bahwa total nilai transaksi Indonesia di sektor e-commerce akan bisa mencapai angka US$83 miliar (hampir Rp1.200 triliun) pada tahun 2025," demikian menurut keterangan resmi Google, Temasek, dan Bain & Company, Selasa, 16 Maret 2021.

Beli Properti Bisa untuk Rumah Tinggal Sekaligus Investasi Jangka Panjang

Bukan itu saja. Laporan We Are Social yang berjudul 'Digital 2021', mencatat Indonesia berada di urutan pertama sebagai negara yang konsumennya sering menggunakan internet untuk belanja online melalui situs e-commerce di sepanjang tahun lalu.

"Pengguna internet di Indonesia merupakan paling sering belanja lewat e-commerce, dengan lebih dari 87 persen responden membeli sesuatu secara online," tulis laporan We Are Social.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Hal ini yang membuat perusahaan pembiayaan PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk atau WOM Finance mendorong konsumen melakukan pembayaran angsuran melalui empat e-commerce, yaitu Tokopedia, Bukalapak, ShopeePay, dan Go-Bills.

Konsumen juga bisa melakukan pembayaran angsuran berbasis kode QR dengan menggunakan 16 e-wallet atau e-money dan 22 mobile banking selama pandemi COVID-19. Ini semua dilakukan untuk menggencarkan kemudahan transaksi digital dan meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Selain mengoptimalkan kemudahan transaksi digital, WOM Finance menyalurkan bantuan kemanusiaan berupa paket disinfektan dan hand sanitizer di empat kecamatan yang termasuk zona merah COVID-19 di sekitar Kantor Cabang Kemayoran, Jakarta Pusat.

Keempat yaitu Kecamatan Senen, Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Johar Baru, dan Kecamatan Cempaka Putih. Penyaluran bantuan ini bagian dari menyambut hari jadi WOM Finance ke-39 tahun. "Paket bantuan dibagikan kepada masyarakat dan pekerja formal yang rentan penularan COVID-19 serta terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)," kata Deputy Business Unit Head WOM Finance Regional Jakarta Bogor Depok Bekasi (Jabodebek), Faisal Tambunan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya