Jangan Percaya kalau Aplikasi Clubhouse Muncul di Android

Clubhouse.
Sumber :
  • Vox

VIVA – Guys, ingat ya?! Media sosial Clubhouse belum tersedia di Android. Lantaran lagi marak maka dimanfaatkan oleh hacker atau peretas yang mencoba mengeksploitasi popularitasnya dengan menyusupkan malware yang menyamar sebagai versi Android dari aplikasi obrolan audio tersebut.

WNA Asal Rusia Kongkalikong dengan Hacker Meksiko Bobol ATM di Palembang

Penyedia antivirus ESET melihat program Trojan di situs Clubhouse palsu beralamat 'joinclubhouse[.]mobi' yang telah menyebarkan aplikasi berbahaya melalui internet. Situs itu terlihat identik dengan Clubhouse yang asli, tetapi mengklaim menawarkan versi Android dari Google Play Store.

Baca: Acer Dipalak Hacker

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Namun, jika kamu terpancing untuk mengunduhnya maka program Trojanized akan mencoba mencuri loginmu dari 458 layanan online, termasuk platform media sosial, pertukaran mata uang kripto, dan aplikasi perbankan.

Meskipun situs palsu tersebut mengklaim menawarkan aplikasi Clubhouse dari Google Play Store, tapi sebenarnya mereka akan mengirimkan program melalui servernya sendiri, seperti dikutip dari situs Mashable, Rabu, 24 Maret 2021.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Setelah terinstal, maka Trojan kemudian akan mencoba mencuri kata sandi dengan membuat jendela masuk palsu, seperti Facebook, Twitter atau Netflix. Jendela palsu ini lalu akan merekam apapun yang kamu ketik dan memindahkan kata sandi ke server peretas.

"Aplikasi Clubhouse palsu ini sangat berbahaya karena juga meminta korban untuk mengaktifkan layanan aksesibilitas, yang secara efektif memungkinkan penjahat siber (hacker) untuk mengambil kendali perangkat sepenuhnya," demikian keterangan resmi ESET.

Clubhouse memang tengah mengerjakan versi aplikasi Android. Tapi tidak akan rilis dalam beberapa bulan ke depan. Platform ini diharapkan rilis di situs web resmi perusahaan atau melalui Google Play Store.

So guys! Situs web joinclubhouse[.]mobi dipastikan palsu. Jika mencoba untuk mengunjunginya di browser Chrome, kamu akan mendapat notifikasi peringatan bahaya. Seperti diketahui, Clubhouse telah mencuri perhatian selama setahun terakhir.

Nama-nama tenar seperti bos SpaceX Elon Musk telah bergabung dengan platform ini untuk mengambil bagian dalam obrolan audio langsung dengan pengguna. Sayangnya, Clubhouse hanya bisa digunakan bagi mereka yang mendapat undangan dan pengguna iOS atau iPhone saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya