Jangan Minum Air Kemasan Merek Ini

Ilustrasi air kemasan
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Food and Drug Administration Amerika Serikat (FDA) baru-baru ini mengungkap bahwa terdapat satu merek air kemasan, yang diduga berhubungan dengan wabah hepatitis non-virus yang telah membuat lima anak kecil sakit.

Heboh Kopi Tanpa Kafein, Disebut Mengandung Bahan Pemicu Kanker

Merek tersebut adalah Real Water, yang dijual di seluruh Amerika Serikat. Ini adalah air alkali yang memiliki pH sedikit lebih tinggi daripada air yang keluar dari keran atau di sebagian besar botol kemasan yang dijual di toko.

Beberapa masyarakat percaya bahwa air alkali memiliki manfaat kesehatan. Tapi gagasan bahwa air tersebut dapat mendetoksifikasi tubuh hanya memiliki sedikit bukti yang mendukungnya, dilansir dari situs BGR, Rabu 24 Maret 2021.

Dehidrasi Kulit Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Begini Cara Efektif Atasinya Menurut Dokter

Real Water belum ditarik kembali, tetapi FDA meminta agar masyarakat menahan diri dari menjual, membeli, minum, atau menggunakan air kemasan dengan cara apa pun yang akan mengakibatkannya dikonsumsi, seperti memasak.

FDA tengah menyelidiki hubungan antara Real Water dengan lima kasus hepatitis yang mengakibatkan gagal hati akut pada bayi dan anak kecil. Kasus tersebut terjadi pada November 2020 dan kelima anak tersebut harus dirawat di rumah sakit.

8 Tips Menghilangkan Cegukan, No 8 Paling Unik

Mereka memang sudah pulih, tetapi FDA ingin mengungkap penyebabnya. Satu hal yang mengaitkan semua kasus tersebut adalah konsumsi air minum dalam kemasan merek Real Water.

“Semua pasien dilaporkan telah mengonsumsi air alkali merek Real Water. Pasien-pasien ini berasal dari empat rumah tangga yang berbeda. Lebih banyak orang dilaporkan mengalami gejala yang tidak terlalu parah. Gejala yang tidak terlalu parah termasuk demam, muntah, mual, kehilangan nafsu makan dan kelelahan," kata mereka dalam keterangannya.

Hepatitis bisa menjadi penyakit yang sangat serius dan dikaitkan dengan beberapa gejala, mulai dari demam dan kelelahan hingga sakit perut, mata menguning, penyakit kuning, dan perubahan warna feses.

Pada individu yang sangat rentan, termasuk anak kecil, gejalanya dapat berkembang dan menjadi mengancam jiwa jika organ hati mengalami kerusakan parah.

Ini adalah situasi yang sangat serius. Meskipun belum ada penarikan resmi, FDA mendesak semua orang untuk berhenti minum dan menggunakan air kemasan merek Real Water sampai penyelidikan selesai.

Setelah FDA menyelesaikan penyelidikannya, mungkin Real Water akan ditarik kembali, atau kembali diberikan izin kepada pelanggan untuk melanjutkan minum dan menggunakan air. Tapi keadaan saat ini mewajibkan Anda untuk menghindarinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya