Butuh Waktu Berapa Lama untuk Berjalan Keliling Bulan

Astronot Buzz Aldrin ketika mendarat di Bulan.
Sumber :
  • NASA/The Verge

VIVA – Bulan terlihat sangat kecil ketika dilihat oleh penduduk Bumi. Tetapi, jika Anda pergi ke Bulan menggunakan pesawat ruang angkasa dan berpakaian antariksa untuk melakukan pendakian di Bulan, perlu waktu berapa lama untuk berjalan mengelilinginya?

Kapan Bumi Kiamat?

Jawabannya tergantung dari banyak faktor, termasuk seberapa cepat Anda dapat melaju, berapa banyak waktu yang Anda habiskan setiap hari untuk berjalan, dan jalan memutar apa yang perlu Anda ambil untuk menghindari topografi yang berbahaya.

Baca: China Mau Kirim Selusin Astronot ke Luar Angkasa

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

Perjalanan mengelilingi Bulan seperti itu bisa memakan waktu lebih dari satu tahun. Tapi kenyataannya ada lebih banyak tantangan yang harus diatasi, seperti dilansir dari laman Live Science, Senin, 5 Maret 2021.

Sebanyak 12 astronot telah menginjakkan kaki di permukaan satelit alami Bumi itu. Ke semuanya adalah bagian dari Misi Apollo selama periode 1969-1972, menurut Badan Penerbangan dan Antariksa atau NASA.

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Rekaman yang dipancarkan kembali ke Bumi menunjukkan betapa menantangnya berjalan di sekitar gravitasi rendah Bulan, atau seperenam gravitasi Bumi. Penelitian NASA menyebut bahwa manusia bisa bermanuver jauh lebih cepat di Bulan daripada yang dilakukan astronot Apollo.

Selama Misi Apollo, astronot memantul di sekitar permukaan dengan kecepatan 2,2 km per jam. Kecepatan yang lambat didasarkan pada pakaian luar angkasa mereka yang kaku dan bertekanan yang rancangannya tidak mempertimbangkan mobilitas.

Jika para 'moonwalker' mengenakan pakaian yang lebih ramping, mereka mungkin akan merasa lebih mudah untuk bergerak dan meningkatkan kecepatan. Pada 2014, sebuah studi NASA yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology menguji seberapa cepat manusia dapat berjalan dan berlari dalam simulasi gravitasi Bulan.

Untuk melakukan ini maka tim meminta delapan peserta menggunakan treadmill di atas pesawat DC-9. Eksperimen ini mengungkapkan bahwa peserta mampu berjalan hingga 5 km per jam. Hasil ini menunjukkan kecepatannya lebih cepat dibanding astronot Apollo, juga cukup dekat dengan kecepatan berjalan maksimum rata-rata 7,2 km per jam di Bumi.

Dibutuhkan sekitar 91 hari untuk berjalan di lingkar bulan sepanjang 10.921 km. Berjalan tanpa henti selama itu tidak mungkin dilakukan jadi perjalanan mengelilingi Bulan yang sebenarnya akan memakan waktu lebih lama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya