WhatsApp Ikut-ikutan Telegram dan Signal

WhatsApp pada iPhone.
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Platform pesan instan WhatsApp akan mempermudah transisi penggunaan aplikasi dari iOS ke Android, menurut @WABetaInfo, akun Twitter yang menelusuri versi beta dari salah satu anak usaha milik Facebook, yang bertujuan menemukan petunjuk tentang fitur baru yang akan hadir.

Aplikasi Ini Bisa Ubah Sudut Kosong Jadi Ruang Bermakna

Apa yang dilakukan WhatsApp ini sudah lebih dahulu dilakukan oleh rivalnya, Telegram dan Signal. Sebelumnya, tidak ada cara untuk memindahkan percakapan pengguna dari iOS ke Android, karena WhatsApp pada iPhone menggunakan iCloud Apple untuk mencadangkan pesan, foto, PDF, dan lain sebagainya.

Sedangkan perangkat Android tidak memiliki kemampuan untuk mengunduh dari server iCloud Apple, sehingga dokumen atau file cadangan terenkripsi tetap berada di luar jangkauan saat mengatur WhatsApp di Android, seperti dilansir dari situs Express, Rabu, 7 April 2021.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Ponsel pintar atau smartphone berbasis Android menggunakan Google Drive untuk menyimpan pesan sebelumnya, obrolan grup, dan lain sebagainya. Meskipun ada aplikasi Google Drive di iOS, saat ini tidak ada cara untuk menggunakan file yang disimpan di sana untuk menyiapkan akun WhatsApp di iPhone.

Meskipun beberapa aplikasi pihak ketiga di Apple App Store dan Google Play Store mengklaim menawarkan kemampuan untuk memindahkan percakapan antara iOS dan Android, WhatsApp sebelumnya telah memperingatkan pelanggan bahwa layanan itu melanggar persyaratan layanannya.

BRI Targetkan Pengguna BRImo Tembus 36 Juta di Akhir 2024

Tangkapan layar yang dibagikan oleh @WABetaInfo menunjukkan proses pemindahan seluruh riwayat obrolan pengguna dari iOS ke Android hanya dengan satu ketukan. Kedua perangkat harus menjalankan versi terbaru WhatsApp agar proses dapat berfungsi.

Pengguna harus memiliki WhatsApp versi terbaru agar bisa mentransfer percakapan hanya dalam beberapa menit dan tidak perlu kehilangan semua pesan hanya karena pengguna berpindah dari satu OS atau sistem operasi ke sistem operasi lainnya.

WhatsApp baru menawarkannya akhir-akhir ini. Sementara pesaingnya, Telegram dan Signal, telah menawarkan fungsi tersebut terlebih dahulu. Beberapa spekulasi menyebutkan bahwa fitur baru ini akan membuka jalan bagi pengguna WhatsApp untuk berpindah di antara banyak perangkat.
Hingga saat ini, WhatsApp telah mengikat akun pengguna ke nomor telepon mereka. Artinya, pengguna hanya dapat mengakses WhatsApp di satu perangkat dalam satu waktu dan hanya di perangkat dengan kartu SIM, seperti smartphone. Inilah alasan mengapa WhatsApp tidak memiliki aplikasi iPad resmi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya