Operator Seluler Panen Trafik

Ilustrasi internet.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA – Operator seluler Telkomsel mencatat pertumbuhan trafik layanan data 49 persen selama Ramadhan dan Idul Fitri 1442 Hijriah. Menurut Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho lonjakan trafik layanan data saat periode Ramadhan dan Idul Fitri 2021 sebesar 39,7 petabyte atau tumbuh 49 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

BI Sediakan 208 Titik Penukaran Uang Tunai di Wilayah Bali Untuk Lebaran 2024

Sementara untuk periode Lebaran tahun ini kenaikannya sekitar 39 persen dibandingkan Lebaran 2020. "Tingginya penggunaan data internet tahun ini masih disebabkan pertemuan virtual karena tidak bisa berkumpul langsung dengan keluarga pada Idul Fitri," kata dia, Senin, 17 Mei 2021.

Baca: Beli Ponsel Mahal, Wanita Ini Kaget Bukan Main

Jelang Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pemilu 2024 Polri Jelaskan Situasi Keamanannya

Pemerintah melarang masyarakat untuk mudik demi menekan penyebaran COVID-19. Selama periode Ramadhan dan Idul Fitri 2021, layanan konferensi video dan streaming video naik masing-masing 14 persen dan 22 persen dibandingkan hari biasa.

Aktivitas main game online dan berselancar di media sosial juga turut naik pada musim Ramadhan dan Lebaran tahun ini. Layanan mobile gaming, berselancar di internet, dan media sosial masing-masing tumbuh 81 persen, 36 persen, dan 7 persen dibandingkan hari biasa.

Kemenhub Perkirakan Puncak Arus Mudik Lebaran pada 8 April 2024

Aplikasi yang banyak diakses pada periode tersebut antara lain YouTube (naik 24 persen dibandingkan hari biasa), WhatsApp (25 persen), Facebook (11 persen) TikTok (26 persen), dan Instagram (3 persen).

Nugroho mengaku jika wilayah operasional Telkomsel yang naik penggunaan data dibandingkan hari biasa berada di Sumatera bagian Tengah, Utara dan Selatan, di mana masing-masing tumbuh 13 persen. Sementara Jawa Timur dan Jawa Tengah masing-masing naik 12 persen dan 11 persen.

Selain layanan data internet, penggunaan SMS selama Ramadhan dan Idul Fitri pada tahun ini juga meningkat 33 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Layanan panggilan suara (voice call) ikut naik 4 persen dibandingkan hari biasa.

"Kami juga sudah melakukan optimalisasi dan pengamanan operasional jaringan di 554 titik terutama di wilayah perumahan, rumah sakit penanganan COVID-19, titik transit transportasi, jalur logistik, dan pusat pelayanan publik selama Ramadhan dan Idul Fitri," ungkap Nugroho.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya