Oppo Ikut Rayakan Keberhasilan China di Mars

Oppo Find X3 Pro.
Sumber :
  • Dok. Oppo

VIVA – Raksasa teknologi China, Oppo, ikut merayakan keberhasilan wahana antariksa Tianwen-1 mendarat di Mars dengan mengeluarkan edisi khusus bernama Oppo Find X3 Pro Mars Exploration Edition.

Soal Lemahnya Penegakkan Aturan ke Tiktok, Ekonom Singgung Ambisi Jalur Sutra Tiongkok

Mengutip situs GSM Arena, Selasa, 18 Mei 2021, ponsel edisi khusus ini hanya dikeluarkan dalam satu varian warna saja, yaitu abu-abu, dan bergabung dengan 5 warna dari varian Oppo Find X3 Pro lainnya yang sudah ada sebelumnya.

Baca: Amerika Kasih Kabar Bagus untuk Xiaomi

Hajar China, Indonesia Juara EA Sports FC Pro Mobile Festival 2024

Rival Xiaomi dan Realme itu menyebutkan warna abu-abu identik menggambarkan luar angkasa, disertai panel bagian belakang berbahan metalik tentu semakin menegaskan bahwa Oppo Find X3 Pro Mars Exploration Edition memang terinspirasi dari luar angkasa.

Terdapat juga ukiran di bagian belakang yang memberikan kesan ponsel ini diluncurkan khusus untuk merayakan keberhasilan China mendarat di Planet Merah.

Samsung Bakal Keluarin Ponsel Lipat Murah, Catat Waktunya

Bagi pemilik ponsel edisi khusus, fitur tema Mars secara khusus juga bisa didapatkan dan memperlihatkan wallpaper dari Matahari terbit dan tenggelam secara dinamik yang terjadi di Planet Merah. Wallpaper itu pun selain indah dipandang mata, rupanya berfungsi juga menandakan perubahan waktu mulai dari pagi, siang, sore, dan malam hari.

Semakin spesial lagi dengan filter untuk foto khusus yang membantu pengguna untuk mendapatkan foto bernuansa “Mars-like look". Oppo Find X3 Pro Mars Exploration Edition diperkuat RAM 16GB dan ROM 512GB.

Untuk spesifikasi lainnya, Oppo Find X3 Pro Mars Exploration Edition memiliki spesifikasi yang sama dengan seri biasa yaitu dibekali chipset Snapdragon 888 SoC, Android 11, layar AMOLED, dan baterai sebesar 4.500 mAh didukung pengisian cepat 65 watt.

Dari segi kamera, ada 50 MP untuk kamera utama serta kamera ultrawide, 13 MP untuk telephoto, 3 MP untuk kamera mikro, dan 32 MP untuk kamera depan.

Tapi sayangnya, Oppo Find X3 Pro Mars Exploration Edition hanya dipasarkan di China dan akan memasuki tahapan preorder sejak Minggu, 16 Mei kemarin yang dibanderol seharga 7 ribu Yuan atau Rp15,5 juta.

Seperti diketahui, China telah berhasil mendaratkan Tianwen-1 di Mars pada Sabtu, 15 Mei 2021 pukul 07.00 pagi waktu Beijing. Butuh 17 menit untuk membuka panel surya dan mengirim sinyal kembali ke Bumi.

Robot Zhurong beroda enam yang keluar dari pengorbit Tianwen-1 ini menargetkan Utopia Planitia, medan yang luas di belahan Mars utara. Zhurong, yang berarti Dewa Api, menghabiskan waktu untuk mengamati Utopia, mengambil gambar beresolusi tinggi untuk menunjukkan tempat teraman untuk meletakkan penjelajah.

Tujuan dari semua usaha semacam itu adalah untuk memilih tempat yang tidak memiliki kawah yang mengesankan dan di mana lanskapnya tidak tertutup batu-batu besar.

Insinyur China harus mengikuti upaya pendaratan dengan jeda waktu. Jarak ke Mars saat ini adalah 320 juta km, yang berarti pesan radio membutuhkan waktu hampir 18 menit untuk mencapai Bumi.

Zhurong menggunakan kombinasi kapsul pelindung, parasut, dan platform roket untuk turun. Touchdown yang sukses adalah pencapaian yang luar biasa, mengingat sifat tugas yang sulit. Hanya Amerika Serikat (AS) yang benar-benar menguasai pendaratan di Mars sampai sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya