Layanan Ini Jadi Kunci Penerapan 5G di Indonesia

Teknologi 5G.
Sumber :
  • cbc.ca

VIVA – Operator seluler Telkomsel memperluas layanan Voice over Long Term Evolution (VoLTE) hingga menjadi 230 kabupaten/kota di Indonesia yang ditargetkan sampai akhir tahun ini. Sebelumnya layanan tersebut sudah ada di 48 kabupaten/kota.

Telkomsel Kasih Kabar Positif

Layanan VoLTE mampu menyambungkan panggilan lebih cepat dan menghasilkan suara kualitas HD berkat jaringan 4G/LTE. Selain itu, peralihan dari panggilan suara ke video call yang lancar dan cepat, hingga pelanggan bisa tetap menelepon sambil berselancar di internet atau main game online bersamaan tanpa khawatir koneksi terputus.

Baca: Data 279 Juta Penduduk Indonesia Bobol, Ini Usulan Kaspersky

Harus 'Move On' dari Libur Lebaran, Saatnya Kembali Produktif

Pengembangan layanan ini juga menjadi bagian dari upaya Telkomsel dalam mempercepat peralihan layanan 2G dan 3G ke 4G/LTE, yang diharapkan dapat mengakselerasi penyelenggaraan layanan 5G di Tanah Air.

Teknologi jaringan VoLTE menjadi medium penting dalam mematangkan Indonesia untuk mengimplementasikan teknologi 5G yang akan memberikan nilai tambah bagi pelanggan dalam menikmati solusi jaringan digital.

Realme 12 5G Bisa Jadi Opsi

"Pengembangan dan perluasan layanan VoLTE ini diharapkan membuka lebih banyak peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dalam menjalani keseharian," kata Direktur Jaringan Telkomsel Nugroho, Minggu, 23 Mei 2021.

Ia juga menyebut kehadiran 5G akan meningkatkan pengalaman, yang bukan hanya memungkinkan pengguna melakukan panggilan berbasis VoLTE, melainkan juga Voice over New Radio (VoNR) ke depannya.

Di samping perluasan cakupan area layanan VoLTE, Telkomsel turut memperkuat kolaborasi bersama mitra produsen smartphone atau ponsel pintar yang telah memiliki ragam produk yang mendukung teknologi VoLTE. Para produsen smartphone ini di antaranya Samsung, Huawei, Xiaomi, Oppo, Vivo, Advan, dan Evercoss.

"Totalnya ada lebih dari 50 tipe smartphone yang sudah support layanan VoLTE Telkomsel," jelas Nugroho. Hingga kini, sekitar 1 juta pelanggan sudah menjadi pengguna aktif VoLTE.

Jumlah tersebut ditargetkan dapat naik signifikan seiring diperluasnya cakupan area layanan tersebut tahun ini. Telkomsel mempunyai pita frekuensi paling panjang dibandingkan operator seluler lainnya di Indonesia, di mana anak perusahaan Telkom ini memiliki 135 MHz.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya