Cara Registrasi Kartu Telkomsel Anti Gagal

Gedung Telkomsel.
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

VIVA – Anda pelanggan setia Telkomsel? Tapi belum tahu bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel. Tenang saja, kami telah menyajikan beberapa cara yang dapat dilakukan dengan mudah dan anti gagal.

Intip Persiapan Telkomsel 'Mengukur Jalan' Jelang Lebaran

Melansir dari Peraturan Kemkominfo tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomikasi No. 12 tahun 2016, pemerintah mewajibkan seluruh pengguna operator seluler, baik pengguna baru maupun pengguna lama untuk melakukan registrasi dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK). Peraturan ini berlaku bagi semua pelanggan Telkomsel yang datanya belum divalidasi. 

Tujuan diberlakukannya peraturan ini tentu demi kebaikan seluruh pengguna operator seluler. Salah satunya dapat memberikan perlindungan kepada masyarakat pengguna terhadap tindakan kejahatan dan aksi penyalahgunaan yang berpotensi dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

DJP: 67,36 Juta NIK Telah Dipadankan dengan NPWP 

Tindak kejahatan tersebut bisa berupa terorisme, penipuan, informasi spamming, atau kejahatan siber.

Untuk pendaftaran kartu, pelanggan perlu menyiapkan data kependudukan yang valid dan telah dicatat oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Telkomsel Jadi Donatur Terbesar

Apabila data yang diperlukan sudah lengkap, Anda dapat melakukan pendaftarannya sendiri. Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukannya, jangan khawatir, karena Langkah-langkah ini sangat sederhana.

Penasaran bagaimana cara registrasinya? Yuk simak penjelasan berikut!
Cara Registrasi Kartu Telkomsel Menggunakan Aplikasi Pesan

gambar 10 Handphone Murah Spek Dewa, Harga Mulai 1 Jutaan! Update 2020

Photo :
  • U-Report

Bagi Pengguna Baru

Ketika Anda mengunjungi gerai penjualan kartu baru, Anda perlu meregistrasikan diri terlebih dahulu. Cara registrasinya cukup mudah dilakukan, hanya membutuhkan aplikasi pesan.

Setelah itu, buka aplikasi pesan lalu untuk nomor tujuan diisi dengan 4444. Setiap perusahaan penyedia jasa operator memiliki format pendaftaran tersendiri, untuk Telkomsel Anda hanya perlu mengetik REGNIK#NomorKK# lalu kirim ke 4444. Contoh: REG 1247528274921875#2349495859388475#. Lalu kirim ke 4444

Bagi Pengguna Lama

Selain pengguna baru, pengguna lama juga dapat melakukan registrasi kartu Telkomsel. Tapi, untuk pengguna lama, format yang digunakan tentu saja berbeda.

Bagi pengguna lama yang ingin memperbaharui data mereka, cukup mengirimkan SMS ke 4444 dengan format ULANGNIK#Nomor KK# lalu kirim ke 4444. Contoh ULANG 1247528274921875#2349495859388475#. Lalu kirim ke 4444.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel

Aplikasi MyTelkomsel

Photo :
  • Telkomsel

Selain menggunakan aplikasi pesan, pengguna Telkomsel juga dapat registrasi kartu melakui aplikasi My Telkomsel. Anda cukup download aplikasi MyTelkomsel melalui Google Play Store atau App Store. Setelahnya, buka aplikasi tersebut lalu masukan nomor Telkomsel yang akan diregistrasi. Nantinya, Anda akan diminta memasukan Nomor Kartu Keluarga, dan Nomor Induk Kependudukan.

Setelah semuanya lengkap, pengguna akan diminta klik opsi “kirim” dan registrasi kartu Telkomsel berhasil.

Perlu diingat, pada saat Anda registrasi kartu (baik pengguna lama maupun pengguna baru) kartu yang dipakai dalam telepon genggam adalah kartu yang akan diregistrasikan ya. Jangan sampai salah. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui bahwa setiap satu nomor NIK hanya dapat melakukan registrasi secara mandiri untuk tiga nomor Telkomsel saja. Sementara untuk registrasi nomor keempat dan seterusnya dapat dilakukan dengan cara mendatangi GraPARI Telkomsel.

Agar dapat terus melakukan registrasi secara mandiri, Anda harus melakukan unreg kartu Telkomsel terlebih dulu.

Mudah sekali bukan cara registrasinya? Namun, apabila terdapat kendala saat melakukan registrasi, anda bisa menghubungi layanan pelanggan Telkomsel.

Untuk pelanggan yang mengalami kendala saat melakukan registrasi, cukup menghubungi Call Center 188, Facebook Telkomsel, Twitter @telkomsel, E-mail cs@telkomsel.co.id, layanan asisten GraPARI virtual, serta web dan aplikasi MyTelkomsel. Selain itu, Anda juga dapat mendatangi GraPARI terdekat untuk meminta bantuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya