Indosat Sambangi Kampung Halaman Jokowi, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA – Operator telekomunikasi Indosat Ooredoo baru saja mengumumkan layanan 5G untuk komersial di Kota Solo, Jawa Tengah yang merupakan kampung halaman Presiden Jokowi.

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Peluncuran ini merupakan wujud kolaborasi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dalam mendukung pemulihan ekonomi. Layanan 5G Indosat juga menawarkan akses internet broadband seluler yang lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Hal ini bertujuan untuk mewujudkan transformasi digital, pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta mendukung kota pintar atau smart city.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Kita melihat bagaimana teknologi 5G bisa diaplikasikan untuk membangun masyarakat. Kami mengantarkan teknologi baru yang tentunya lebih cepat dan juga memungkinkan banyak hal bisa dilakukan secara online," kata Chief Business Officer Indosat Ooredoo, Bayu Hanantasena, Selasa, 22 Juni 2021.

Ia menyebut akan fokus pada tiga use cases dalam menghadirkan layanan generasi kelima ini. Pertama adalah meningkatkan broadband seluler untuk kualitas video nirkabel yang lebih baik, video game dan aplikasi lainnya.

Soal Konflik Israel-Iran, Airlangga Cermati Dampak ke Sektor Logistik Minyak Mentah Dunia

Kedua yakni melanjutkan visi Kota Pintar & Industri 4.0 di Solo melalui teknologi, pembelajaran mesin atau machine learning, serta otomatisasi operasi. Ketiga yaitu smart edutainment yang merupakan kolaborasi antara augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Sementara itu, Senior Vice President and Head of Network Operations Indosat Ooredoo, Agus Sulistio, mengaku tetap memberi komitmen untuk selalu terdepan memberi jaringan 5G yang luas dan selalu berkesinambungan.

"Ke depan, dengan banyaknya machine-to-machine connectivity, maka kita akan masuk ke dalam industri 4.0 dan ekosistem digital akan semakin kuat untuk mendukung ekonomi digital serta ekonomi kreatif," jelas dia.

Selain Solo, layanan 5G untuk komersial selanjutnya akan digelar di DKI Jakarta, Surabaya Jawa Timur, Balikpapan Kalimantan Timur, Makassar Sulawesi Selatan. Wilayah-wilayah ini terpilih berdasarkan adanya permintaan konsumen yang tinggi akan layanan data internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya