Jangan Anggap Sepele Talenta eSports Indonesia

Ilustrasi pertandingan eSports.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

VIVA – Berdasarkan data yang dihimpun dari Newzoo menyebutkan bahwa Indonesia memperoleh pendapatan atau revenue sebesar US$1,74 miliar pada 2020, atau naik 32,7 persen (year on year/yoy). Oleh karena itu, pendapatan dari industri gaming dan eSports di Tanah Air diproyeksi akan mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya.

Logitech G Pro X 60 Lightspeed, Dirancang Ringkas untuk Menang

Indonesia, menurut Newzoo, juga menjadi salah satu pasar gaming terbesar di Asia Tenggara, di mana dalam laporannya pada 2019 disimpulkan bahwa 62 persen dari total 165 juta populasi online di Indonesia adalah pemain atau gamer.

Perkembangan dan pertumbuhan industri eSports tentunya tidak lepas dari unsur-unsur penting yang dimiliki ekosistem industri itu sendiri seperti tim eSports, game digital, tunamen/liga, kanal eSports, dan terakhir penggemar.

Esports: PUBG Mobile kolaborasi dengan SPYxFAMILY

Content & eSports Director PT Link Net Tbk, Ferliana Suminto, mengaku terus berinovasi secara kontinyu untuk menghadirkan instrumen yang bisa memperkuat ekosistem olahraga elektronik di Indonesia. Salah satunya menggelar turnamen eSports First Warriors - Ultimate Battle Championship yang akan berlangsung hingga Oktober mendatang.

"Turnamen ini merupakan ajang pencarian bakat atau talenta eSports. Seiring perjalanan dan peraihan prestasi, baik skala nasional maupun internasional, talenta eSports Indonesia kini tidak perlu diragukan lagi. Kami ingin memberikan panggung terbuka sekaligus mengambil bagian dalam pembinaan talenta eSports dan memperkuat ekosistem yang telah kami bangun," tegas Ferliana.

Fans Turnamen Mobile eSports Ini Membludak, Ada Peran Indonesia

Berbeda dari turnamen eSports pada umumnya, First Warriors - Ultimate Battle Championship akan menyuguhkan 4 game FPS sekaligus dalam satu panggung, yaitu: Free Fire, Call of Duty Mobile, PUBG Mobile, dan Valorant.

Turnamen ini diawali dengan tahap open qualifier yang bisa diikuti oleh tim-tim amatir (grassroots) dari seluruh Indonesia. First Warriors - Ultimate Battle Championship akan menggabungkan tim profesional dan tim amatir untuk memperebutkan gelar juara dan total hadiah sebesar Rp420 juta.

Pendaftaran peserta untuk Free Fire dan Valorant dibuka mulai 22 Juni - 9 Juli 2021, sedangkan untuk Call of Duty Mobile dan PUBG Mobile akan dibuka 5 - 23 Juli mendatang. Bagi tim amatir yang ingin berpartisipasi di perhelatan ini bisa melakukan registrasi melalui website www.firstwarriors.id.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya