Cara Mengatasi Bug Error Google Terus Berhenti di Android

Google Error
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Sebagian dari pengguna Android mengalami error di google. Ketika menggunakan google layar ponselnya menampilkan pop-up notifikasi error berbunyi "Google terus berhenti" atau dalam setelan bahasa inggris "google keeps stopping”.

Google Fires 28 Employees Because of Nimbus Project

Bagaimana cara mengatasi bug error Google terus berhenti di Android?

Bug google terus berhenti ini menjadi keluhan dari para pengguna akun google di smartphone dan juga ramai diperbincangkan di media sosial. Saat pop up ini muncul layar hp tidak bisa digunakan dan terpaksa harus menutupnya.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Pop-up tersebut terus muncul tanpa henti meskipun aplikasi Google sudah diberhentikan secara paksa. Selain itu, sejumlah layanan Google, seperti “Search” dan “Gmail” juga dikeluhkan karena tidak berfungsi. Notifikasi serupa juga bermunculan di perangkat Android di luar Indonesia, artinya Google mengalami error berlangsung secara global. Masalah disinyalir berasal dari pembaruan terkini aplikasi Google yang menimbulkan error.

Melalui akun Twitter perusahaan pihak Google membenarkan bahwa layanannya memang sedang mengalami gangguan, tetapi penyebabnya belum bisa dipastikan. Google menyarankan soft reboot dengan menahan tombol power 30 detik.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Cara mengatasi Google terus berhenti dan “Google keeps stopping” di Android untuk memperbaiki masalah "Google terus berhenti", pengguna Android di Indonesia menyarankan agar menghapus pembaruan dari aplikasi Google. Cara ini disebut ampuh menghentikan pop-up itu sehingga tidak lagi muncul.

Langkah-langkahnya yaitu: 

  • Buka menu setting atau pengaturan di ponsel, kemudian buka bagian pengelolaan aplikasi. 
  • Cari dan buka aplikasi “Google” dari daftar yang muncul. 
  • klik menu yang berlambang tiga titik di pojok kanan atas dan pilih "Hapus instalan pembaruan". 
  • Klik "Ok" di prompt yang muncul. Lihat Foto Ilustrasi penghapusan update di aplikasi Google untuk menghentikan masalah error Google terus berhenti atau “Google keeps stopping” yang terus muncul.

Perangkat yang mengalami masalah serupa, cara di atas cukup efektif untuk menghentikan pop-up "Google terus berhenti". Namun, cara ini mungkin hanya solusi sementara.

Pop-up pesan dari google itu cukup menganggu bagi pengguna Android ketika ingin menggunakan google, karena menyebabkan beberapa aplikasi seperti Google Search dan aplikasi pemantau cuaca juga tidak bisa digunakan.
Permasalahan ini muncul hanya ke beberapa pengguna Android saja, sedangkan untuk yang lainnya tidak ada masalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya