Enggak Ada Habisnya Bicara Alien

Alien.
Sumber :
  • Cat Country 1073

VIVA – Dalam 5.000 tahun terakhir lebih dari 1.700 bintang terdekat bisa melihat Bumi dan berpotensi mendeteksi kehidupan manusia. Empat dari bintang tersebut diketahui memiliki planet berbatu, sebuah studi baru menemukannya.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Ketika para astronom berburu exoplanet (planet di luar Tata Surya), mereka mencarinya dengan memperhatikan planet yang tengah transit atau melintas di depan bintang mereka.

"Tujuh puluh persen dari semua exoplanet yang diketahui telah ditemukan melalui metode transit," kata penulis utama studi, Lisa Kaltenegger.

Top Trending: Naik Bus Hantu dari Lampung ke Bekasi, Pimpinan Aolia Mbah Benu Beri Klarifikasi

Fakta ini membuat Kaltenegger bertanya-tanya mengenai bintang apa yang bisa melihat Bumi. Tahun lalu, dia dan rekan-rekannya mengidentifikasi lebih dari 1.000 bintang terdekat yang saat ini dapat melihat titik biru pucat Bumi saat melintas di depan Matahari.

Tapi kemudian dia mulai bertanya-tanya bagaimana sudut pandang Bumi bisa berubah seiring waktu. "Jika seseorang telah menemukan kami, saya bertanya-tanya apa yang akan mereka pikirkan tentang kami," imbuhnya.

Pria yang Disebut Mirip Alien Lalu Pukul hingga Ludahi Wanita di Kendari Ditangkap

Ia juga bertanya-tanya berapa lama alien dapat menemukan Bumi melalui penurunan kecerahan bintang (transit). Kosmos, menurutnya, merupakan sesuatu yang dinamis sehingga sudut pandang tidak selamanya sama.

Untuk melihat bintang terdekat mana yang bisa melihat Bumi saat lewat di depan Matahari di masa lalu atau mungkin melakukannya di masa depan, para ilmuwan menganalisis database Gaia milik Badan Antariksa Eropa (ESA).

Pengamatan dari misi yang diluncurkan pada 2013 tersebut mencakup peta posisi dan pergerakan lebih dari 331 ribu bintang dalam jarak sekitar 325 tahun cahaya dari Matahari, sebagaimana dilansir dari situs Space, Kamis 24 Juni 2021.

"Lingkungan Matahari kita adalah tempat yang dinamis di mana bintang-bintang masuk dan keluar dari titik pandang yang sempurna untuk melihat Bumi transit. Gaia telah memberi kita peta yang tepat dari galaksi Bima Sakti, memungkinkan kita untuk melihat ke belakang dan ke depan ke mana bintang-bintang berada dan pergi," kata Jackie Faherty, peneliti yang lain.

Para peneliti mengidentifikasi 1.715 bintang yang dapat melihat transit Bumi sejak sekitar 5.000 tahun yang lalu, yaitu saat peradaban mulai berkembang di Bumi. Meski 313 di antaranya tidak bisa lagi melihat Bumi melintas di depan Matahari, namun 1.402 masih bisa melakukannya.

Selain itu, 319 lainnya baru bisa kembali melihatnya dalam 5.000 tahun ke depan. Dari 2.034 total bintang dalam rentang 10.000 tahun yang diperiksa, para ilmuwan menemukan bahwa 75 di antaranya terletak dalam jarak 100 tahun cahaya dari Bumi.

Jarak ini cukup dekat untuk gelombang radio buatan manusia menyapu bintang, sejak stasiun radio komersial di Bumi mulai mengudara, sekitar satu abad yang lalu.

"Siapa yang tahu jika alien juga berevolusi di sana. Tetapi jika itu terjadi dan memiliki tingkat teknologi yang sama dengan yang kita miliki, maka alien dapat melihat kehidupan Bumi. Jika seseorang menemukan kehidupan di sana, kita akan bertanya-tanya, apa yang mereka pikirkan tentang kita?" kata Kaltenegger.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya