Logo BBC

Tanda-tanda Aktivitas Geologis Mirip dengan Bumi Ditemukan di Venus

BBC Indonesia
BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc

A radar view of Lavinia Planitia, on Venus, where the planet`s rocky outer layer has broken into blocks (purple) delineated by belts of tectonic structures (yellow)
Paul K. Byrne / Sean C. Solomon.
Pandangan radar atas Lavinia Planitia, di Planet Venus, di mana lapisan luar berbatu planet telah pecah menjadi blok (ungu) yang digambarkan oleh sabuk struktur tektonik (kuning).

Para ilmuwan menemukan bukti bahwa beberapa bagian permukaan Planet Venus bergerak, sama seperti potongan-potongan benua di Bumi.

Dan meskipun aktivitas ini kemungkinan tidak diakibatkan gerakan lempeng tektonik, seperti halnya di Bumi, bisa jadi proses yang terjadi di kedua planet ini "mirip".

Temuan ini menggambarkan Venus sebagai sebuah planet yang sangat hidup, berbeda dengan pandangan tradisional tentangnya.

Eropa meluncurkan pesawat ruang angkasa, EnVision, untuk memetakan radar dan mengumpulkan pengukuran spektroskopi permukaan dan atmosfer planet tersebut.

Dan NASA mengirim dua wahana luar angkasa, Veritas dan DaVinci+, ke Venus, menjelang akhir dekade ini.

"Kami telah mengidentifikasi pola deformasi tektonik yang sebelumnya tidak dikenali di Venus, yang didorong oleh gerakan interior seperti di Bumi," kata penulis utama Paul Byrne, profesor ilmu planet di North Carolina State University.