Si Mungil yang Tak Kasat Mata Disebut Efektif Basmi COVID-19

Silver-ion.
Sumber :
  • ELGA LabWater

VIVA – Klaster keluarga menjadi klaster penyebaran COVID-19 yang mendominasi di beberapa kota. Salah satunya DKI Jakarta. Sejak 21 Mei hingga 10 Juni 2021, setidaknya dari 2.008 kasus positif COVID-19, di mana 988 berasal dari klaster keluarga.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Masyarakat pun diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan memberikan perlindungan ekstra kepada keluarga untuk membantu pemerintah dalam menekan potensi penyebaran COVID-19 di rumah.

Untuk itu, mulailah menerapkan gaya hidup bersih dan sehat, di mana salah satu caranya menggunakan produk rumah tangga yang aman dan sehat bagi keluarga, seperti teknologi partikel perak atau silver-ion technology.

Prof Raymond Tjandrawinata Raih Top 3 Peneliti Bidang Farmasi di Indonesia

Silver-ion bentuknya kecil dan cenderung tidak terlihat dengan mata telanjang. Ini adalah antimikroba alami yang tertua di dunia dan mampu membasmi perkembangan mikro-organisme seperti kuman dan virus.

Beberapa penelitian membuktikan silver-ion efektif sebagai antimikroba yang telah dimanfaatkan sejak lama untuk pengobatan maupun pelapis peralatan medis. Silver-ion juga bisa membasmi mikroorganisme dengan penetrasi, menghentikan reproduksi dan metabolisme, lalu menghancurkan mikroorganisme tersebut.

Sedang Ramai, Ini 5 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk DBD yang Mengancam Jiwa

Daya antimikroba pada silver-ion bertahan lama sehingga senyawa ini efektif dalam melawan kuman. Penelitian juga menunjukkan terdapat beberapa hipotesis mengenai kemampuan silver-ion dalam membunuh virus dan bakteri.

Silver-ion berinteraksi dengan dinding sel bakteri. Ikatan ini menciptakan gangguan stabilitas membran, melepaskan ion kalium, dan menurunkan jumlah sel energi (ATP) dari bakteri.

Kemudian, silver-ion mempengaruhi berbagai molekul, seperti asam nukleat dan enzim, di dalam sel. Silver-ion memicu produksi spesies oksigen reaktif yang menyebabkan kerusakan sel. Dengan kemajuan teknologi maka pemanfaatan silver-ion dalam beragam peralatan semakin bervariasi.

Bahkan, kini partikel perak itu juga dimasukkan ke dalam kandungan cat tembok. Pelapis atau cat tembok yang mengandung silver-ion diharapkan dapat melawan sejumlah virus dan bakteri berbahaya yang ada di dalam lingkungan rumah. Artinya, risiko terjadinya penyakit infeksi juga bisa ditekan serendah mungkin.

“Lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi saat ini sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu, kami mengembangkan inovasi cat/pelapis untuk membantu memberikan perlindungan rumah yang aman dan sehat bagi keluarga," ungkap CEO (Decorative Paints) Nippon Paint Indonesia, Jon Tan, Minggu, 4 Juli 2021.

Inovasi cat yang bisa membasmi virus Covid-19 tersebut telah dibuktikan melalui uji coba di Antimikrop R&D and Biocidal Analysis Laboratory. Penelitian menunjukkan hasil sebesar 99,99 persen, bahwa Virus SARS COV-2 (COVID-19) akan mati setelah terjadi kontak dengan lapisan cat yang sudah dilengkapi dengan formula silver-ion.

Selain itu, formulanya juga telah terbukti aman atau bebas racun. Menurut Jon, selama permukaan dinding yang mengandung silver-ion tidak cacat atau rusak, senyawa ini akan terus membunuh virus tak kasat mata.

"Produk kami bisa digunakan untuk beberapa bangunan seperti pusat pendidikan, institusi kesehatan, hingga area komersial seperti kantor dan pusat perbelanjaan," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya