Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

smartphone
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA –  Layanan WhatsApp secara mendasar akan mengatur beberapa hal seperti menampilkan status online atau kapan terakhir kali kamu membuka aplikasinya kepada seluruh pengguna.

Wajah dan Fitur Baru Suzuki GSX-250R

Sebagai aplikasi messaging populer, WhatsApp atau lebih dikenal sebagai WA memang mempunyai banyak fitur yang cukup berguna bagi pengguna. Beberapa di antaranya termasuk dukungan berupa status Online dan Last Seen.

Fitur Online akan memberikan tanda kepadamu bahwa seseorang dalam kontak sedang membuka aplikasi WhatsApp. Fitur ini akan menyala meskipun mereka tidak secara khusus membuka percakapan pribadinya denganmu.

Cek Kesiapan Arus Balik di Bandara Soetta, Menhub: Saya Dapat Kejutan di Sini

Apabila sedang tidak membuka aplikasi, fitur Online tersebut akan berubah menjadi Last Seen yang akan menunjukkan informasi mengenai kapan seseorang dalam kontak terakhir kali membuka aplikasi WhatsApp.

Meskipun keduanya sangat berguna, fitur Online dan Last Seen sayangnya bisa menjadi hal yang sangat merugikan bagi sebagian pengguna karena mengizinkan orang lain bisa melihat informasi mengenai kapan mereka terhubung di WhatsApp.
 
Pengguna bisa jadi kurang merasa nyaman dalam menggunakan layanan perpesanan dari Facebook itu, apalagi saat mereka benar-benar sedang tidak ingin membalas pesan dari seseorang.

Tips Meningkatkan Level Bermain Game di Platform Steam

Lalu, apakah ada cara agar membuat akun WhatsApp terlihat tidak online? Secara mendasar, tidak ada. Namun, ada beberapa trik yang bisa ditempuh supaya pengguna menyembunyikan statusnya.

Cara Agar Tidak Terlihat Online di WhatsApp

1. Aplikasi WhatsRemoved+

Menggunakan aplikasi ini, status online di WhatsApp bisa menjadi benar-benar tidak terlihat. Caranya, setelah instal WhatsRemoved+, jika ada pesan masuk melalui WhatsApp, jangan dibuka dahulu. Bacalah pesan WhatsApp melalui aplikasi WhatsRemoved+. Tetapi, aplikasi ini hanya bisa digunnotiakan untuk membaca pesan saja, tidak bisa untuk membalas pesan WhatsApp.

2. Mematikan Fitur Last Seen

Cara yang satu ini sebenarnya tidak benar-benar menghilangkan tanda Online. Namun, Kita bisa menggunakan fitur ini sebagai “manipulasi” dengan menonaktifkan fitur Last Seen. Berikut cara singkat mematikan fitur Last Seen: 

Buka WhatsApp -> Klik ikon 'Tiga Titik' di pojok kanan -> Buka 'Settings/Setelan' -> Buka 'Privacy/Privasi' -> Pilih menu 'Last Seen/Terakhir Dilihat' -> Pilih opsi 'No One/Tidak Ada'.

Perlu diingat. Cara ini membuat kontak Anda tidak bisa melihat kapan terakhir kali Anda melihat WhatsApp. Begitu juga sebaliknya, Anda tidak dapat melihat Last Seen teman Anda. Namun, status Online masih bisa terlihat. 

3. Membalas Melalui Notification Bar 

Ketika muncul pop up notifikasi. Anda bisa langsung membalas tanpa membuka aplikasinya dengan cara slide notifcation bar-nya. Klik balas. Lalu anda ketikan pesan yang Anda ingin balas. 
Cara ini dapat membuat Anda tidak terlihat Online dan mempercepat waktu Anda membalas. 

4. Mengaktifkan Mode Pesawat 

Jika tidak ingin menginstal aplikasi tambahan, cara lain agar status online tidak terlihat adalah dengan mengaktifkan Mode Pesawat di Smartphone Anda. Sebelum membuka WhatsApp, aktifkan dulu fitur Mode Pesawat melalui setelan di Smartphone Anda.

Setelah Mode Pesawat aktif, baca dan balas pesan. Jika sudah selesai, segera keluar dari aplikasi WhatsApp lalu matikan lagi Mode Pesawat. Pesan WhatsApp akan terkirim saat data seluler sudah menyala.

Sebenarnya, cara ini pun masih memunculkan status online di ponsel orang lain. Tetapi, status tersebut akan muncul dan menghilang dalam waktu yang sangat singkat.

Bagaimana cara-cara tersebut, semoga memudahkan Anda di dalam memahami dan mencobanya. Jadi kini tidak perlu kepikiran untuk balas pesan cepat-cepat. Hidup jadi makin tenang dan santai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya