Politisi Asyik Main Ponsel Lagi Rapat, Siap-siaplah Dibuat Malu

Ilustrasi bermain ponsel.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA – Di tengah-tengah rutinitas terkadang kita kerap membuka ponsel untuk sekadar melihat notifikasi yang ada di layar atau bahkan melarikan diri untuk beberapa saat di media sosial. Tapi nampaknya seorang politisi tidak akan lagi bisa main ponsel ketika lagi rapat.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Digital Dries Depoorter telah mengembangkan sistem terbarunya yang mereka sebut The Flemish Scrollers. Perangkat lunak itu menggunakan pengenalan wajah untuk secara otomatis mengenali politisi di Provinsi Flemish, Belgia yang menggunakan telepon ketika parlemen sedang dalam sesi rapat.

Proyek ini datang setelah hampir dua tahun, ulah Presiden Menteri Flemish, Jan Jambon, menyebabkan kemarahan publik setelah bermain Angry Birds selama diskusi sebuah kebijakan, seperti dikutip dari situs Mashable, Selasa, 6 Juli 2021.

Geger Seorang Remaja Alami Hal mengerikan Ini Gegara Ikut Challenge di Sosmed

Sistem Depoorter akan memantau streaming langsung pertemuan harian pemerintah di YouTube untuk menilai berapa lama seorang politisi melihat telepon mereka selama pertemuan berlangsung.

Jika kecerdasan buatan (AI) mendeteksi anggota parlemen yang teralihkan perhatiannya, AI akan mengidentifikasi pihak tersebut secara publik dengan memposting klipnya di Instagram @TheFlemishScrollers dan Twitter @FlemishScroller.

Siap-siap Kesal Baca Berita tentang Model Ini

Politisi tertuduh akan disebutkan namanya dan dipermalukan dengan akun media sosial mereka. Bot juga akan meminta mereka dengan sopan, "Tolong tetap fokus!" Menurut situs web Depoorter, jika tidak ada sesi yang sedang berlangsung maka perangkat lunak akan mulai menganalisis dan belajar dari streaming langsung yang diarsipkan.

Kurang dari 24 jam setelah The Flemish Scrollers dirilis, program tersebut telah mengidentifikasi empat contoh politisi yang sibuk dengan ponsel mereka dan memicu diskusi panjang di antara pengikut media sosial.

Pelaku kasus pembunuhan perempuan hamil di ruko Kelapa Gading, Agustami diketahui merampas ponsel korban sebelum kabur ke Lampung.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Hubungan antara korban dan pelaku adalah pasangan kekasih. Kondisi korban lagi hamil dan sudah jalin hubungan dengan pelaku selama tiga tahun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024