Logo BBC

Geng Penjahat Siber Paling Ditakuti Hilang dari Internet

Ilustrasi pelaku kejahatan siber.
Ilustrasi pelaku kejahatan siber.
Sumber :
  • Pixabay

Ilustrasi serangan siber
Reuters
Kelompok REvil baru-baru ini meminta uang tebusan besar dalam bentuk bitcoin dalam serangan yang menyasar perusahaan TI Kaseya.

Situs web milik kelompok atau geng penjahat siber kakap yang diduga bertanggung jawab atas serangan terhadap ratusan bisnis di seluruh dunia telah menghilang dari internet.

Beberapa pemantau mengatakan situs pembayaran dan blog yang dikelola oleh kelompok REvil tiba-tiba tidak bisa diakses pada Selasa pekan lalu, 13 Juli 2021.

Alasan di balik kehilangan ini belum diketahui, namun telah menimbulkan spekulasi bahwa kelompok tersebut sengaja disasar oleh pihak berwenang.

Ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara AS dan Rusia perihal isu kejahatan siber.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia membahas masalah ini dengan Vladimir Putin dalam percakapan telepon pada Jumat kemarin, setelah membahas masalah tersebut dalam pertemuan tingkat tinggi dengan sang presiden Rusia di Jenewa bulan lalu.

Biden berkata kepada wartawan bahwa ia telah "menjelaskan kepadanya ... kami mengharapkan mereka untuk bertindak" atas informasi dan juga mengisyaratkan bahwa AS dapat melakukan serangan balasan secara langsung pada server yang digunakan untuk penyusupan.