6 Cara Membuat CV Online Gratis, Mudah dan Hasilnya Keren!

Curriculum vitae.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara membuat CV online gratis merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan ketika Anda akan melamar beasiswa, internship (magang), atau pekerjaan. CV atau daftar riwayat hidup ini biasanya berisi nama, tempat tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, prestasi, serta skill yang dikuasai oleh Anda.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Umumnya CV dilampirkan bersamaan dengan surat lamaran kerja. Hal ini bertujuan agar perusahaan mengetahui siapa pelamar dan nantinya CV tersebut akan dijadikan sebagai acuan untuk masuk tahap wawancara.

Ketika seseorang melamar pekerjaan, CV adalah komponen utama yang akan dilihat oleh HRD perusahaan. Bukan hanya isi dari CV yang akan dilihat oleh HRD, tapi keseluruhan CV termasuk tampilan dan penggunaan warna. Semakin menarik CV yang dibuat, maka akan semakin besar pula peluang untuk melaju ke tahap wawancara dari HRD perusahaan.

PT BMI Ajukan PK Kasus Sengketa Lahan ke MA, Minta Eksekusi Ditunda

Cara membuat CV online gratis

Langkah-langkah membuat CV yang baik dan benar

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

1. Personal statement

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat CV adalah mendeskripsikan diri secara singkat mengenai minat terbesar Anda dalam hidup, kemampuan, dan bidang atau industri yang ingin dilamar.

2. Jujur

Semua isi yang ada di dalam CV harus dicantumkan secara jujur berdasarkan pengalaman hidup. Seperti pengalaman, kemampuan, dan skill yang dikuasai harus sesuai dengan yang Anda miliki. Selain itu, yang terpenting adalah bagaimana cara Anda bisa mempresentasikan ketika masuk ke sesi wawancara dan menerapkannya ke dalam dunia kerja.

3. Informasi pendukung

Ketika akan melamar sebuah pekerjaan, Anda harus memperhatikan posisi yang akan dilamar sehingga Anda bisa memasukkan informasi mengenai kemampuan dan pencapaian yang sekiranya akan dibutuhkan untuk posisi tersebut. Misalnya, ingin melamar untuk posisi sales, Anda bisa memasukkan pengalaman menjadi staf marketing untuk sebuah organisasi di kampus serta memasukkan skill seperti negosiasai dan public speaking.

4. Gunakan bahasa yang mudah dipahami

Bahasa merupakan komponen yang sangat penting dalam CV. Anda harus membuat CV yang mudah dipahami dan dimengerti oleh HRD. Hindari penggunaan istilah yang sulit dipahami atau menimbulkan ambiguitas. Membuat CV juga dianjurlan untuk menggunakan kata-kata yang profesional tetapi dituliskan menggunakan kalimat yang sederhana.

5. Hindari CV yang berlembar-lembar

Sebuah CV yang baik memiliki jumlah halaman maksimal 2. Hal ini akan membantu tim rekrutmen dari perusahaan yang dituju dalam memeriksa poin penting yang menjadi pertimbangan dalam CV Anda. Selain itu, tim rekrutmen memiliki waktu yang terbatas untuk membaca, sehingga buatlah CV yang menarik tapi tidak terlalu Panjang.

6. Sesuaikan CV dengan perusahaan

Banyak orang yang mengatakan bahwa membuat CV harus sekreatif mungkin dan banyak juga yang bilang bahwa membuat CV harus sederhana. Sebetulnya untuk membuat CV tidak ada aturan pasti, yang terpenting adalah Anda harus menyesuaikan konten dan desain CV dengan karakter perusahaan yang dituju. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan riset perusahaan terlebih dahulu sebelum membuat CV.

Situs membuat CV online gratis

Canva.com

Cara membuat CV online gratis pertama adalah canva. Canva merupakan aplikasi yang cukup popular untuk yang sering membuat desain seperti CV. Canva juga bisa diakses secara gratis oleh penggunanya. Selain itu, Canva menyediakan berbagai template yang bisa digunakan sesuai keperluan. Canva dapat digunakan melalui ponsel atau PC.

Canva juga menyediakan berbagai fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan pengguna dalam membuat desain seperti template siap pakai, font, warna, format, background, duplikasi, share, dan download.

Cara membuat:

  • Buka situs canva.com dan mendaftar akun bagi yang belum memilikinya. Apabila sudah klik kolom pencarian dan cari template CV.
  • Setelah itu, pilih template CV sesuai keinginan Anda.
  • Kemudian edit dan sesuaikan dengan kebutuhan seperti warna, font, dan tata letak.
  • Setelah selesai, klik ikon unduh yang berada di pojok kiri atas dan pilih format sesuai keinginan Anda seperti PDF, JPG, atau PNG.

CVMaker

Situs membuat CV online selanjutnya adalah CVMaker. Selain itu, situs ini juga menyedikan fitur untuk mendaftarkan akun melalui facebook. Sama halnya dengan canva, CVMaker juga menyediakan berbagai template yang bisa digunakan untuk membuat CV sesuai kebutuhan. Situs ini juga terkenal lebih mudah apabila dibandingkan dengan situs-situs lain.

Cara membuat:

  • Buka situs www.cvmkr.com dan log in menggunakan akun facebook untuk memudahkan.
  • Setalah itu, pilih create CV dan buat desain CV sesuai keinginan Anda.
  • Setelah selesai, klik unduh.

Zety.com

Situs ini sangat menarik karena sebelum membuat CV, Anda bisa mendapatkan tips atau rekomendasi dari tim rekrutmen profesional. Selain itu, Zety juga menyediakan berbagai jenis template yang bisa digunakan untuk membuat CV sesuai keinginan.

Cara membuat:

  • Buka situs laman www.zety.com dan lakukan login terlebih dahulu. Apabila belum memiliki akun, silakan daftar menggunakan google account, facebook, atau twitter.
  • Setelah itu, Anda bisa membuat CV sesuai dengan kreativitas.
  • Jika Anda baru membuat CV, Zety akan memberikan tips yang terdapat pada kolom tips di bagian atas.
  • Apabila telah selesai, Anda bisa mengunduhnya.

Novoresume.com

Situs selanjutnya yang bisa digunakan adalah novoresume. Sama dengan situs-situs yang lain, novoresume juga memiliki beragam desain yang bisa digunakan secara gratis. Dalam novoresume terdiri atas tiga jenis dokumen yang tersedia seperti CV, cover letter, dan resume.

Cara membuat:

  • Buka situs www.novoresume.com dan lakukan login terlebih dahulu.
  • Setelah itu, pilih beragam template yang tersedia sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Lalu, tulisakan semua data yang diperlukan.
  • Selain itu, ada fitur optimizer yang bisa digunakan untuk melihat adanya kesalahan atau tidak dalam CV yang dibuat.
  • Setelah selesai dibuat, Anda memilih untuk mengunduhnya.

BikinCV.com

BikinCV adalah sebuah situs untuk membuat CV secara online dengan praktis. Anda hanya perlu mengisi data secara lengkap kemudian CV dapat di-download dalam bentuk PDF. Dalam situs ini juga menyediakan berbagai template menarik yang bisa dipilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Cara membuat:

  • Login ke laman www.bikincv.com. Setelah itu, isi data sesuai yang diminta seperti nama, foto terbaru, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan beberapa data lain untuk melengkapi CV Anda.
  • Pilih desain sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Beragam desain CV bisa Anda pilih di platform ini dengan berbagai warna.
  • Setelah selesai membuat desain, Anda bisa men-download CV yang terdapat di dashboard.

Kickresume

Kickresume adalah sebuah situs yang bisa digunakan untuk membuat CV online dengan desain yang unik dan menarik. Situs ini juga bisa digunakan secara gratis oleh pengguna di mana saja dan kapan saja. Untuk pemula, situs ini sangat direkomendasikan karena tools-nya sangat mudah untuk dipahami.

Cara membuat:

  • Buka laman www.kickresume.com dan isi data secara lengkap.
  • Jika sudah selesai, Anda bisa mengunduhnya ke dalam format PDF.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya