Cara Membuat Link WA untuk Menyukseskan Bisnis Anda

whatsapp.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara membuat link WA harus dipahami oleh semua orang, apalagi jika Anda adalah pegiat bisnis. WhatsApp merupakan salah satu aplikasi bertukar pesan yang paling banyak digunakan di Indonesia. Mengalahlkan pesaingnya seperti LINE, Telegram, dan lain-lain.

Prof Koentjoro UGM Dikirimi Pesan Caci Maki Usai Kritik Demokrasi di Indonesia

Saat ini, WhatsApp mengeluarkan sebuah fitur ‘Click to Chat’. Fitur ini akan memudahkan kita dalam melakukan chat dengan seseorang tanpa menambahkannya ke dalam kontak ponsel kita. Tentu saja fitur ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pebisnis online.

Fitur ini juga akan memudahkan konsumen karena hanya tinggal klik link yang tersedia untuk berkomunikasi dengan penjual. Link WhatsApp ini juga akan berguna bagi Anda yang mengharuskan konsumen untuk mengisi formulir pembelian sebuah produk.

Sedekah Brutal dan Gak Pelit Ilmu, Rahasia Aceng Sunanto Sukses Berbisnis

Selain itu, link WhatsApp ini juga bisa dihubungkan atau dimasukkan ke dalam sosial media Anda yang lain. Mulai dari website, Instagram, Facebook hingga e-commerce dan lain-lain.

Cara membuat link WA

4 Reasons Why People Hide Their WhatsApp Status

Manfaat Link WhatsApp

Link ini dapat digunakan untuk membantu menghasilkan pesan yang telah ditentukan sebelumnya agar orang lain atau konsumen bisa menghubungi Anda. Anda bisa membagikan link tersebut dimana pun, mulai dari website, bio Instagram, facebook, dan lain-lain.

Link ini juga akan berfungsi untuk memperlancar proses pemasaran produk Anda. Dengan bantuan link WhatsApp ini juga akan membantu Anda dalam mengumpulkan nomor telepon pelanggan, meningkatkan perolehan prospek, dan penjualan Anda.

Link WhatsApp ini juga akan memudahkan pelanggan tidak perlu repot-repot berbicara dengan Anda secara real-time. Pelanggan juga akan dimudahkan karena tidak perlu menyimpan nomor Anda karena hanya tinggal klik link yang tersedia.

Secara manual

Cara yang pertama untuk membuat link WhatsApp adalah secara manual. Anda bisa membuat URL yang bis secara langsung menuju ke chat Anda.

https//api.whatsapp.com/send?phone=

Link tersebut belum ditambahkan nomor telepon tujuan. Anda hanya perlu menambahkan nomor tujuan seperti ini:

https//api.whatsapp.com/send?phone=628123456789

Dalam menuliskan nomor, sebaiknya mengggunakan kode negara asal di depan nomor telepon. Untuk Indonesia sendiri adalah +62. Setelah itu, Anda bisa menyalin link tersebut kemudian disimpan pada platform sosial media Anda.

Secara manual dan menggunakan chat

Cara sebelumnya hanya bisa menuju jendela chat WhatsApp Anda tapi tidak ada pesan otomatis. Bagi Anda yang memiliki bisnis online, Anda pasti akan lebih mudah apabila secara langsung menyediakan formulir untuk pesanan. Anda bisa secara bebas menuliskan apa saja dalam teks tersebut, mulai dari pesan pembuka hingga formulir.

https//api.whatsapp.com/send?phone=NomorWhatsAppAnda&text=TextKodeWhatsApp

link tersebut belum ditambahkan nomor telepon dan juga pesan otomatis. Anda hanya perlu menambahkan nomor telepon tujuan dan pesan seperti ini:

https//api.whatsapp.com/send?phone=628123456789&text=Hi%20Selamat%20Berbelanja%20Di%20Toko%20Kami

Simbol %20 pada chat di atas dipakai untuk memberikan spasi pada teks. Jika untuk enter, Anda dapat menggunakan %0A. Membuat link WhatsApp tersebut sudah selesai. Anda bisa menempelkan link tersebut pada platform media sosial Anda.

Membuat link WhatsApp Bit.ly

Cara membuat link WhatsApp bit.ly dapat dilakukan setelah Anda memiliki link WhatsApp secara manual. Link bit.ly ini bisa dibuat menjadi lebih pendek dan branding dari perusahaan Anda bisa lebih terlihat. Tapi, jangan khawatir karena bit.ly dapat diakses secara gratis oleh Anda.

  • Buka web bit.ly pada browser Anda dan tempelkan link WhatsApp yang telah dibuat secara manual di atas.
  • Setelah itu, klik tombol “shortern”.
  • Jika Anda mengklik tombol "shorten", tautan yang lebih pendek akan ditampilkan. Di sebelahnya, Anda akan menemukan tombol "copy".
  • Untuk mengubah nama tautan, Anda sebenarnya membutuhkan akun berbayar. Misal nama linknya sudah diubah menjadi https://bit.ly/3fzBI5F, dan Anda ingin mengubahnya menjadi https://makanan/resep-soto atau sejenisnya.
  • Apabila Anda ingin membuat dari ponsel Android, Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Bitly. Anda dapat mengunduhnya dari Playstore.
  • Jika sudah berhasil diunduh dan diinstal, silahkan buka aplikasi Bitly. Kemudian daftarkan akun terlebih dahulu. Lalu, isi tautan WhatsApp dan klik "create".
  • Anda dapat menggunakan tautan dan menempelkannya di berbagai platform media sosial Anda.
  • Perlu dicatat bahwa huruf besar sama persis, jadi jangan salah. Jika tautan tidak ditulis dengan benar, tautan tidak akan muncul atau "not found". Untuk Bitly versi seluler, Anda dapat mengubah nama URL yang berbeda dengan Bitly melalui web.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya