4 Cara Daftar GoFood Terbaru, Simak Langkah-langkahnya

Aplikasi GoFood
Sumber :
  • Instagram @gofoodindonesia

VIVA – Cara daftar GoFood terbaru dan mudah dipahami buat kamu yang akan berkecimpung di dunia bisnis kuliner, agar makanan kamu semakin dikenal serta mendatangkan pundi-pundi rupiah. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Industri kuliner memang menjanjikan banyak keuntungan, bahkan jika memiliki cita rasa yang lezat dan penyajian yang unik. Bisnis itu tidak lengkap rasanya jika tidak menyediakan layanan pesan antar, seperti dalam layanan GoFood.

Dengan mendaftarkan produk makanan melalui GoFood, maka Anda akan mendapatkan keuntungan lebih dan makanan Anda akan semakin dikenal oleh masyarakat.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

GoFood adalah salah satu layanan yang terdapat pada aplikasi Gojek. Layanan ini dikhususkan untuk memudahkan konsumen dalam mencari dan memesan makanan yang diinginkan tanpa harus keluar rumah. Anda tinggal memilih makanan yang diinginkan, dan dalam beberapa saat makanan Anda akan tiba dengan sendirinya di rumah.

Selain itu, pada masa pandemi seperti sekarang, cara ini dinilai lebih praktis, karena seluruh masyarakat Indonesia diharuskan untuk berdiam diri di rumah. Nah, berikut ini akan dijelaskan cara mendaftar akun GoFood yang dikutip dari gobiz.co.id dan beberapa sumber lain.

UNS Kerjasama dengan BRI Gelar Program Desa Inspiratif

Cara daftar GoFood

Dokumen yang harus disiapkan

  1. KTP pemilik usaha
  2. NPWP pemilik usaha (tidak wajib)
  3. Buku tabungan yang tertera nomor rekening
  4. Nomor ponsel untuk login aplikasi GoBiz
  5. Alamat email usaha

Syarat dan ketentuan

  1. Wajib melengkapi seluruh persyaratan pendaftaran untuk pemilik usaha perorangan maupun badan usaha.
  2. Alamat email belum pernah didaftarkan untuk akun GoBiz yang lain.
  3. Nomor ponsel yang akan digunakan untuk pendaftaran tidak dalam masa tenggang atau hangus dan masih bisa digunakan untuk menerima SMS, serta belum pernah terdaftar akun GoBiz.
  4. Data KTP tidak boleh rusak. Apabila data KTP rusak, silakan melampirkan data tambahan berupa foto selfie memegang KTP.
  5. Mengisi formulir selengkap mungkin, seperti data restoran, daftar menu dan harga.
  6. Apabila telah memiliki tarif PB1, mohon untuk melampirkan NPWP Anda. Jika tidak, Anda tidak usah melampirkan NPWP.
  7. Pastikan seluruh dokumen yang dilampirkan masih berlaku, tidak boleh terpotong, dan harus terbaca dengan jelas serta tidak buram.
  8. Pastikan seluruh persyaratan telah dipenuhi. Apabila persyaratan tidak lengkap, maka proses pendaftaran tidak akan berlanjut.

Cara mendaftar

1. Buka Google Play Store melalui ponsel Anda dan download aplikasi GoBiz. Kemudian daftarkan usaha Anda.

2. Lengkapi seluruh data seperti yang tertera dalam KTP, rekening bank, informasi usaha, dan informasi usaha pada aplikasi GoBiz.

  • Identitas Pemilik

Masukkan data sesuai dengan yang ditampilkan di layar. Perhatikan juga cara pengambilan foto KTP, dan ambil foto KTP sesuai dengan gambar yang tertera.

  • Informasi Rekening Bank

Isikan data rekening yang akan Anda gunakan untuk pencairan dana usaha, kemudian klik Verifikasi. Apabila nama pemilik rekening bank tidak sesuai dengan nama pemilik usaha, Anda perlu mengunggah dokumen pendukung berupa buku tabungan atau rekening koran.

  • Informasi usaha

Silakan lihat panduan penulisan nama bisnis untuk menghindari kesalahan. Setelah itu, isikan data-data yang tertera di layar.

  • Informasi usaha,

Pertama buka panduan penulisan alamat lengkap dan baca semua ketentuan agar tidak terjadi kesalahan. Baca panduan unggah foto usaha dari luar. Pastikan foto lokasi yang diunggah sesuai dengan yang didaftarkan, tidak buram, cukup terang, dan nama usaha terlihat jelas. Apabila Anda memiliki usaha rumahan, silakan ambil foto bagian depan rumah tempat usaha Anda berada.

  • Pilih Layanan

pelajari keuntungan dan ketentuan dari setiap layanan. Apabila telah membacanya, pilih fitur yang ingin diaktifkan dengan cara memilih checkbox di bagian kanan.

3. Verifikasi

Setelah data yang diunggah benar, tunggu proses verifikasi dari tim GoFood yang akan diproses dalam waktu 2 hari. Jika data usaha Anda telah disetujui, Anda akan menerima notifikasi dari GoBiz agar melanjutkan layanan aktivasi produk.

Jika ada pemberitahuan untuk memperbaiki beberapa data, Anda harus mengunggah ulang beberapa data yang diminta tidak lebih dari 14 hari. Jika waktu yang ditentukan terlampaui, pendaftaran Anda akan gagal dan dihapus dari sistem.

4. Aktivasi

Tunggu proses aktivasi akun GoFood kamu, rentang waktu maksimal 14 hari kerja. Pastikan juga Anda telah mengisi data usaha dengan cara berikut ini agar driver dan konsumen dapat melakukan pemesanan dengan lebih mudah.

Setelah proses pendaftaran selesai dan berhasil, Anda akan diminta untuk mengisikan profil tempat usaha secara lengkap. Berikut rinciannya.

  • Profil usaha

Anda harus mengisi foto profil restoran secara lengkap serta memilih kategori makanan yang sesuai dengan usaha Anda. Batas maksimal untuk memilih kategori makanan ini adalah 3 kategori.

  • Jam operasional

Tekan tombol "Ubah" untuk mengatur jadwal buka dan tutup toko setiap hari. Anda harus buka minimal 3 hari seminggu dan minimal 3 jam sehari.

  • Daftar menu

Tambahkan daftar menu dengan mengunggah foto dan menulis deskripsi lengkap produk dan harga.

  • Pengecekan tempat usaha

Tambahkan foto nama toko yang Anda ambil dengan kamera ponsel Anda. Anda dapat mengambil foto logo nama cabang dari papan nama, kertas menu atau kertas kemasan makanan.

Setelah data aktivasi diisi, tunggu verifikasi maksimal 2 hari kerja. Mitra driver akan mengunjungi tempat usaha Anda untuk memastikan bahwa data telah dimasukkan benar untuk menghindari penipuan. Jika disetujui, status layanan yang masih diproses akan diubah menjadi aktif.

Nah, itulah cara daftar GoFood terbaru dengan sangat mudah untuk mendatangkan keuntungan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya