Hari Ini Akan Terjadi Peristiwa Menggemparkan

Hujan meteor.
Sumber :
  • Firstpost

VIVA – Puncak hujan meteor akan terjadi pada Rabu hari ini, 28 Juli 2021 dari Delta Aquarid dan Capricornid. Fenomena tahunan hujan meteor Delta Aquarid ini dikaitkan dengan jejak berdebu dari Komet 96P Machholz.

Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel Padam Setelah 16 Jam

Ketika komet berlomba mengelilingi Matahari maka panas bintang menyebabkannya melepaskan potongan-potongan material yang tertinggal di orbitnya.

Bumi menabrak medan kosmik ini setiap tahunnya yang menghasilkan Hujan Meteor Delta Aquarid antara Juli hingga awal Agustus tahun ini.

Viral Bengkel di Puncak Bogor Getok Harga Ganti Ban Mobil Rp200 Ribu, Polisi Turun Tangan

Pada saat yang sama, Bumi juga dilintasi Komet 169P/NEAT. Partikel-partikel kecil dan puing-puing yang ditumpahkan oleh benda-benda es dan terbakar ketika jatuh melalui atmosfer sehingga menghasilkan tampilan cahaya yang indah dan terkadang berwarna-warni.

Jika beruntung, Anda mungkin akan memiliki kesempatan untuk melihat satu atau dua bola api pada minggu ini. Bola api adalah meteor yang sangat terang yang dapat dilihat di area yang luas.

Kerusakan Iklim dan Alam Jadi Tanda Kiamat? Begini Penjelasan Al Quran dan Sains

Puncak hujan meteor dari kedua peristiwa ini akan terjadi pada hari ini pukul 10.00 WIB/11.00 WITA/12.00 WIT. Tapi, menurut Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), hujan meteor baru bisa disaksikan pukul 19.45 WIB/WITA/WIT dari arah Timur-Tenggara sampai 29 Juli 2021 pukul 05.30 WIB/WITA/WIT dari arah Barat-Barat Daya.

Delta Aquarid menghasilkan hujan meteor yang stabil meskipun tidak spektakuler seperti Perseid. Para astronom biasanya mengharapkan hingga 20 meteor per jam yang muncul selama fase puncak. Hujan meteor akan tampak memasuki langit dari konstelasi Aquarius yang terletak dekat dengan raksasa gas Jupiter.

"Delta Aquarid akan menjadi hujan yang sulit untuk diamati. Jadi, jika Anda bertekad untuk menghabiskan beberapa jam untuk melihat meteor maka kursi geladak musim panas dapat membuat pengalaman menonton jauh lebih nyaman," kata astronom.

Lapisan perak yang memancar dari Konstelasi Capricornus menandakan Hujan Meteor Alpha Capricornus yang juga akan memuncak pada hari yang sama. Meskipun sangat sedikit meteor yang diharapkan terlihat, namun beberapa bola api yang menarik bisa membawa pesona saat pertunjukan berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya