6 Cara Dapat Uang dari TikTok dengan Mudah, Hasilnya Fantastis

Ilustrasi TikTok | Photo by cottonbro on Pexels.com
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Cara dapat uang dari TikTok sangat mudah dengan mengikuti 6 langkah berikut. Yuk, simak ulasannya!

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi berbagi video, TikTok. Bukan hanya anak muda, tapi anak kecil sampai ibu-ibu pun banyak menggunakan aplikasi ini. Aplikasi besutan ByteDance ini memungkinkan penggunanya untuk merekam video singkat dengan diiringi musik.

Hingga saat ini ada sekitar 1 miliar pengguna di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, aplikasi ini sempak di cap kurang baik dan digunakan oleh orang alay, bahkan sempat diblokir oleh Kominfo pada 2018 lalu.

Begal Sadis, Modus Ban Kempes Lalu Tikam Korbannya 9 Kali dan Rampas Emas juga Uang

Bukan hanya menyajikan hiburan saja, aplikasi TikTok ini juga menjanjikan penggunanya untuk meraup pundi-pundi rupiah yang cukup fantastis untuk Anda yang bisa memanfaatkannya. Nah, terdapat beberapa cara dapat uang dari TikTok yang bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara dapat uang dari TikTok

Tas LV Berisi Uang dan Emas, Kecelakaan Maut Tol Cikampek hingga Arab Saudi Pantau Hilal

Berbeda dengan YouTube yang dibayar karena AdSense-nya, TikTok tidak memberikan bayaran untuk setiap ads yang dipasang pada aplikasi ini. Jadi, Anda bisa memanfaatkan beberapa cara berikut untuk mendapatkan uang dari TikTok

Konten Sponsor

Konten sponsor adalah Anda berperan sebagai influencer di TikTok yang mempromosikan barang tertentu. Umumnya, agensi akan melihat jumlah, like, followers, dan tayangan video untuk melihat apakah content creator cocok dengan target brand mereka atau tidak.

Cara ini umumnya baru bisa dilakukan untuk Anda yang telah memiliki followers ribuan dan like ribuan juga. Oleh sebab itu, sebelum Anda menerima konten bersponsor, usahakan untuk menaikkan followers di TikTok terlebih dahulu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbanyak followers, yaitu dengan menemukan niche konten, mengupload video yang menarik, mengedit video, konsisten dan terjadwal, optimasi profil, mengikuti challenge viral, dan lain sebagainya.

Donasi atau Payout Coins

Terdapat banyak cara untuk mendapatkan uang dari TikTok ketika followers Anda sudah tinggi. Salah satunya adalah dengan mendapatkan ‘donasi’ dari fans ketika Anda melakukan live streaming di TikTok.

Konsepnya hampir sama dengan aplikasi Likee atau Twitch. Ketika Anda melakukan live streaming, para viewer atau penggemar akan mengirimkan stiker gift yang nantinya bisa ditukarkan dengan uang.

Umumnya stiker hanya akan dikirimkan oleh viewer sebagai bentuk apresiasi usaha content creator dalam membuat konten TikTok. Jadi, buatlah konten yang menarik dan keren ya!

Perlu diketahui bahwa viewer juga harus membeli stiker tersebut menggunakan uang. Sehingga stiker tersebut dapat diuangkan oleh content creator.

TikTok manager atau jasa pengelola akun

Cara selanjutnya untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan menjadi TikTok manager. Caranya, Anda hanya perlu mengelola akun TikTok milik seseorang supaya lebih berkembang dan mendapatkan penghasilan.

Sasaran dari cara ini bukan hanya influencer tetapi juga brand atau perusahaan yang memakai TikTok untuk mempromosikan bisnisnya. Jasa pengelola akun ini sangat cocok apabila Anda sudah memahami atau memiliki dasar dalam dunia marketing.

Secara umum, tugas jasa pengelola akun adalah:

  • Meningkatkan jumlah followers, like, hinga engagement.
  • Mengatur strategi digital marketing.
  • Menciptakan dan membangun ide kreatifitas konten.
  • Mengelola dan mengatur tawaran kerja sama dan lain sebagainya.

Jual beli akun TikTok

Setelah Anda sukses dalam meningkatkan engagement dan followers yang tinggi, maka cara terbaik untuk mendapatkan uang adalah dengan jual beli akun. Konsepnya sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan:

  • Membuat akun dengan minat dan topik tertentu.
  • Meningkatkan jumlah like, followers, tayangan, dan engagement.
  • Membangun komunitas dengan peminat topik yang sama.
  • Setelah akun tersebut besar, jual kepada brand atau perusahaan dengan minat yang sama.

Cara ini bisa menghasilkan uang karena target promosi yang diperlukan sebuah brand atau perusahaan adalah orang-orang yang memiliki minat sama dengan bisnis mereka. nah, sebagai penjual akun, Anda akan membantu sebuah brand untuk bertemu dengan target market-nya.

Cara ini banyak dilakukan karena tidak banyak yang dapat membangun sebuah akun dari nol. Untuk tambahannya, Anda dapat men-display akun yang Anda jual di website agar terlihat lebih profesional.

TikTok Marketing

TikTok marketing ditujukan kepada pemilik suatu brand dan ingin menarik konsumen dari aplikasi ini. Cara promosi yang cukup efektif agar bisa mendapatkan uang dari platform ini adalah dengan TikTok Ads.

Cara ini sama seperti Facebook Ads atau Instagram Ads karena TikTok memiliki algoritma yang dapat membantu iklan Anda terlihat oleh sasaran yang diinginkan. TikTok bisa merekam seluruh kegiatan tontonan user dalam menyajikan iklan lebih personal.

Selain itu, algoritma TikTok juga rutin melakukan remarketing untuk berinteraksi dengan iklan Anda sebelumnya. Cara ini memungkinkan user lebih familiar dengan brand Anda dan akan tertarik untuk membeli produknya.

Agensi influencer

Cara ini akan menghubungkan antara brand atau perusahaan yang ingin memasang iklan dengan para influencer di TikTokk. Agensi influencer sangat sesuai apabila Anda memiliki keahlian dalam bidang content marketing atau video marketing.

Sebagai agensi influencer Anda akan menjadi perantara sampai mengelola kerja sama antara influencer dengan brand. Apabila Anda tertarik dengan cara ini, Anda bisa mengambil peluang dengan memasang harga sedikit lebih rendah dibandingkan dengan creator marketplace TikTok.

Menariknya, di Indonesia sendiri banyak pengguna aktif TikTok dan agensi influencer ini masih sangat jarang. Jadi, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya