2 Cara Upload IGTV di Instagram dengan Mudah

Instagram TV atau IGTV.
Sumber :
  • Techcrunch

VIVA – Saat ini pengguna Instagram dapat menambahkan jenis media lain untuk diupload di Instagram. Salah satunya adalah IGTV, cara upload IGTV sangatlah mudah karena hampir sama seperti mengupload foto biasa. Tapi, ada sedikit perbedaan yang harus diketahui sebelum mengunggahnya.

Detik-detik Pengemudi Zenix Lawan Arah di BSD, Diingatkan Malah Marah

IGTV adalah fitur yang cukup baru dalam aplikasi Instagram. IGTV memungkinkan untuk mengupload video dengan durasi waktu yang cukup lama, setelah sebelumnya Anda hanya bisa menguplaod video hanya dalam 1 menit saja.

IGTV merupakan sebuah fitur untuk unggah dan streaming video yang terhubung dengan Instagram. Seperti yang disebutkan sebelumnya, video yang terdapat dalam IGTV ini memiliki durasi yang lebih panjang dan pengguna bisa menonton video tersebut dengan mudah.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Lalu, bagaimana cara upload IGTV?

Menggunakan aplikasi IGTV

Viral! Penampakan Buaya di Kecamatan Medan Labuhan, Ini Kata Camat

IGTV Play Store

Photo :
  • Tangkapan Layar
  1. IGTV adalah aplikasi mandiri yang terpisah dengan Instagram. Apabila Anda ingin menggunakannya, download aplikasi tersebut melalui Google Play Store atau Apple App Store. Setelah terdownload, log in menggunakan akun Instagram milik Anda.
  2. Buka aplikasi tersebut dan Anda akan melihat ikon televisi yang terletak di bagian kanan atas sebelah ikon direct message.
  3. Kemudian tekan ikon roda gigi yang terletak di sebelah kanan dan pilih ‘create channel’ untuk memulai membuat channel IGTV Anda.
  4. Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan singkat mengenai layanan IGTV. Setelah Anda memahaminya, pilih ‘Next’. Anda akan masuk ke jendela IGTV seperti sebelumnya dan Anda akan melihat channel atau nama akun IGTV yang telah dibuat tadi.
  5. Pilih gambar akun Anda yang terletak di sebelah kanan untuk masuk ke profil IGTV. Kemudian di sebelah kanan tekan ikon (+), dan mulai unggah video yang telah disiapkan oleh Anda.
  6. Pilih ‘Next’ yang terletak di pojok kanan atas, dan tambahkan judul beserta deskripsi singkat mengenai video Anda.
  7. Pilih ‘Post’ untuk menggunggah video tersebut.
  8. Ke depannya fitur ini akan menjadi fitur yang bisa diandalkan untuk media kreatif. Anda bisa membagikan video yang positif karena fitur ini digadang-gadang akan sama seperti YouTube yang bisa mendatangkan iklan untuk menambah penghasilan.

Menggunakan Laptop

IGTV Laptop

Photo :
  • Tangkapan Layar
  1. Login menggunakan akun Anda pada Instagram laptop kemudian buka link  https://www.instagram.com/tv/upload/
  2. Setelah itu Anda akan melihat tanda plus besar dan klik untuk upload video.
  3. Kemudian isikan judul, deskripsi singkat, channel secara lengkap.
  4. Setelah itu pilih tombol ‘post’ dan tunggu sampai proses selesai.

Ukuran Video IGTV

Perlu diketahui bahwa IGTV hanya mendukung video portrait atau video beridiri. Jadi. Apabila Anda mengupload video yang berbentuk landscape, maka secara otomatis video tersebut akan membesar sampai mencukupi layar.

Dengan begitu, video akan secara otomatis terpotong dari sisi kanan dan kiri. Alhasil, video akan terlihat kurang menarik dan pecah akibat adanya pembesaran. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ukuran video IGTV.

Baik IGTV maupun instastori memiliki aspek rasio sebesar 9:16. Apabila dilihat dari pikselnya sekitar 1080x1920px. Ini adalah ukuran ideal dari video IGTV. Selain itu, Anda juga bisa mengikuti resolusi HP Anda masing-masing karena jika berbeda sedikit tidak akan terlalu berpengaruh pada video.

Kemudian untuk Instagram feed hanya bisa menampilakan video atau foto dengan aspek rasio sebesar 1:1 atau persegi dengan maksimal pada aspek rasio sebesar 4:5.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya