4 Cara Cek Resi TIKI untuk Memantau Keberadaan Paket Anda

Sorot Jasa kurir - tiki
Sumber :
  • Twitter.com/@IdTiki

VIVA – Tingginya tren berbelanja online membuat perusahaan ekspedisi semakin marak di Indonesia. Salah satu ekspedisi tersebut adalah TIKI, bagi Anda yang sering berbelanja online tentu tidak asing dengan perusahaan jasa tersebut. Tapi, pertanyaannya tahukah Anda cara cek resi TIKI?

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Perusahaan jasa ini telah berdiri sejak tahun 1970. Sampai saat ini, TIKI telah memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota dan kabupaten di Indonesia, 500 kantor perwakilan, dan lebih dari 3.700 gerai serta memiliki ribuan karyawan. 

Selain itu, TIKI juga menawarkan berbagai jenis layanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda seperti same day service, over night service, two day service, regular service dan masih banyak yang lainnya. 

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Nah, setiap paket yang dikirim melalui perusahaan jasa TIKI, pasti dilengkapi dengan resi. Resi adalah nomor yang diberikan oleh perusahaan jasa sebagai bukti pembayaran yang digunakan untuk melacak keberadaan barang. Apabila membeli barang secara online, maka pihak online shop akan memberikan nomor resi kepada Anda sebagai pembeli. 

Lalu, bagaimana cara cek resi TIKI?

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

Melalui website resmi

Cara ini terbilang sangat mudah dan banyak digunakan oleh para pelanggan online shop. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka situs resmi TIKI di https://www.tiki.id/id/tracking.
  • Kemudian masukkan nomor resi pada kolom yang tersedia. Lalu, klik ‘Lacak’. Perlu diketahui bahwa situs ini dapat melacak hingga 20 nomor resi. 
  • Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai situs menampilkan status keberadaan paket Anda. 

Melalui aplikasi

Selain menggunakan situs resmi, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi TIKI untuk mengecek keberadaan paket. Aplikasi ini juga cukup ringan dan mudah, Anda tidak perlu mendaftar dan bisa langsung melacak paketnya. Berikut langkah-langkahnya.

  • Unduh aplikasi TIKI melalui ponsel Anda di Apple App Store atau Google Play Store. 
  • Buka aplikasi tersebut kemudian pilih ‘ALLOW’ untuk seluruh perijinannya. 
  • Setelah masuk ke halaman utama aplikasi, klik menu ‘TRACKING’.
  • Kemudian masukkan nomor resi yang ingin dilacak keberadaanya. 
  • Lalu klik ikon cari dan tunggu beberapa saat sampai muncul status keberadaan paket Anda secara lengkap. 

Melalui marketplace dan situs lain

Jika Anda berbelanja melalui aplikasi marketplace Shopee, Tokopedia, Bukalapak, atau yang lainnya, Anda dapat secara langsung melacak keberadaan paket. Caranya sangat mudah Anda hanya perlu mengunjungi riwayat pembelian dan menekan status keberadaan barang Anda sesuai dengan marketplace yang digunakan. 

Selain itu, ada situs lain yang sangat populer untuk melacak keberadaan paket salah satunya adalah cekresi.com. Caranya sangat mudah, buka situs tersebut kemudian masukkan nomor resi Anda lalu pilih jasa pengiriman TIKI dan klik tombol search atau cari. Tunggu beberapa saat sampai informasi mengenai keberadaan paket Anda muncul di situs tersebut. 

Menghubungi Customer Service

Apabila keberadaan paket Anda tidak bisa dilacak menggunakan ketiga cara tersebut, Anda dapat menghubungi Customer Service atau sosial media TIKI berikut ini.

Customes Service: 1500125

Facebook: tiki.id

Twitter: idtiki

Instagram: @tiki_id

Demikianlah 4 cara cek resi TIKI yang mudah dilakukan untuk melacak keberadaan paket Anda. Semoga bermanfaat!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya