Pesta Inovasi Jangan Sampai Melanggar Hak Kekayaan Intelektual

Hak Kekayaan Intelektual atau HAKI.
Sumber :
  • SiebenIP

VIVA – PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom mengajukan pendaftaran dua Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk sarana pembelajaran digital mereka, MyDigiLearn dan laboratorium inovasi internal, AMOEBA.

58 Persen Penduduk Indonesia jadi Pelanggan Telkomsel

Deputy SGM Telkom CorpU-ITDRI Arif Rudiana mengungkapkan, pengajuan HAKI atas MyDigiLearn akan membuat payung hukum yang jelas dan memperlancar gebrakan inovasi perusahaan ke depannya.

"Banyak keuntungan besar bukan hanya bagi MyDigiLearn, tapi juga bagi proses-proses penciptaan atau inovasi. Contohnya akan mendorong inovasi dan pengembangan penemuan baru di perusahaan, dan memberikan keleluasaan supaya karyanya bermanfaat bagi seluruh masyarakat," kata Arif, Rabu, 3 Agustus 2021.

Orang Ini Dipastikan Berkantor di IKN, tapi Bukan Jokowi

Selain itu, kata Arif, langkah ini juga diyakini akan meningkatkan produktivitas dan daya saing MyDigiLearn di industri dan pasar. MyDigiLearn merupakan sebuah platform belajar yang mengusung prinsip personalised learning.

Pengguna dapat mengakses MyDigiLearn kapan pun, di mana pun, dan menggunakan gadget apa pun dengan pengalaman belajar berbeda karena memiliki kurikulum dinamis dan konten unggahan pengguna.

Katalog Elektronik versi 6 Diluncurkan, Apa Kelebihannya

Sementara itu, Kepala Eksekutif MyDigiLearn Bagas mengatakan, pascapendaftaran HAKI, MyDigiLearn akan lebih leluasa menjalankan perannya untuk ekosistem pembelajaran dan akselerasi penetrasi ke para peminat proses pembelajaran digital.

"Ke depannya, MyDigilearn akan terus dikembangan dengan menambahkan fitur-fitur lebih canggih seperti Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dengan dilengkapi kemampuan analisis data yang kuat," tutur Bagas.

COO AMOEBA M Farizko Nurditama menjelaskan, pascapendaftaran HAKI, AMOEBA akan terlindungi dari para pengguna ilegal. Selain itu kegiatan inovasi dapat didukung baik dari berbagai aspek agar sama-sama memberikan manfaat.

"Kami akan selalu meningkatkan standard. Pesta inovasi sedang terjadi beberapa bulan terakhir, dan kita tunggu pesta inovasi berikutnya," kata Fariz. AMOEBA merupakan sebuah Corporate Innovation Lab yang menginkubasi inovasi-inovasi karyawan Telkom dengan tujuan membuat talenta digital unggulan, menggembangkan bisnis digital, dan memperkuat sistem relevan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya