Fitur Baru WhatsApp Bisa Hilangkan Foto dan Video Usai Dilihat

WhatsApp.
Sumber :
  • The Verge

VIVA – WhatsApp resmi meluncurkan fitur View Once yang membuat foto dan video langsung menghilang segera setelah dilihat oleh pengguna, seperti dikutip dari situs GSM Arena, Rabu, 4 Agustus 2021.

WhatsApp Allows Users to Pin Multiple Messages in a Chat

Selain membuat foto dan video langsung hilang usai dilihat, fitur View Once juga membuat konten media dalam WhatsApp akan diberikan keterangan bahwa konten tersebut telah dibuka.

Sebelumnya, Kepala Eksekutif Facebook Mark Zuckerberg sudah mengonfirmasi bahwa fitur ini akan segera hadir, tapi ia tidak memberikan rincian tentang peluncurannya. Ia juga mengaku bahwa interaksi paling penting yang dimiliki seseorang adalah pesan pribadi.

WhatsApp Dongkrak Kemampuan Fitur Ini

Oleh karena itu, mereka fokus mengembangkan fitur yang dapat menjaga obrolan dan pesan yang bersifat pribadi. Menurut situs WABetaInfo, fitur ini sudah diuji coba beta selama sekitar satu bulan.

WhatsApp juga memperingatkan pengguna agar mengirimkan foto atau video lewat View Once ke penerima yang bisa dipercaya.

Begini Cara Blokir WhatsApp tapi Profilnya Tetap Terlihat

Sebab, penerima media tetap bisa mengambil screenshot sebelum konten menghilang dan pengirim tidak akan mendapatkan notifikasi jika ada yang mengambil screenshot atau merekam layar.

Penerima pesan juga bisa mengambil foto atau video dari media yang dikirimkan lewat kamera atau perangkat lainnya sebelum media itu menghilang.

Anak usaha Facebook itu juga telah melakukan uji coba terhadap fitur yang membuat pesan dapat menghilang setelah sepekan.

Fitur View Once juga digadang akan berguna untuk banyak hal, misalnya saat mengirimkan foto yang berisi password Wi-Fi kepada teman.

Fitur View Once milik WhatsApp ini tampaknya akan bersaing dengan aplikasi perpesanan foto Snapchat yang pertama kali memiliki fitur tersebut. Snapchat dikenal dengan fitur "Stories"-nya, memungkinkan pengguna mengunggah konten yang akan hilang setelah 24 jam.

Aplikasi Snapchat semakin populer sejak tahun lalu karena pandemi COVID-19 yang membuat pengguna harus selalu berada di rumah. Perusahaan yang mengembangkan Snapchat juga telah menambahkan fitur baru pada aplikasi tersebut untuk menarik lebih banyak pengguna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya