Jangan Panik, Karyawan Kantor Bisa Putus Penyebaran COVID-19

Ilustrasi vaksin COVID-19.
Sumber :
  • Pixabay/pearson0612

VIVA – Sejalan dengan upaya menekan penyebaran COVID-19, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tetap mengedepankan kesehatan dan kebersihan dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Beberapa cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk menjalankan hidup sehat.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Mulai dari rutin berolahraga, konsumsi makanan sehat, menerapkan protokol kesehatan, serta menjaga kualitas udara yang baik di dalam ruangan rumah dan kantor. Seperti diketahui, kegiatan dalam ruangan tertutup dengan sirkulasi udara yang kurang baik berpotensi meningkatkan risiko penyebaran COVID-19.

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Coronavirus Disease 2019 di wilayah Jawa dan Bali menyebutkan bahwa ruangan harus selalu diupayakan memiliki ventilasi udara yang baik.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Membuka pintu dan jendela dapat dilakukan untuk mengurangi risiko penularan COVID-19. Sementara, dalam kondisi pintu atau jendela tidak dapat dibuka (ruangan tertutup), pemerintah menganjurkan masyarakat untuk menggunakan pemurni udara atau air purifier dengan High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter.

Hal ini diperkuat oleh laporan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat pada awal Juli tahun ini bahwa sistem ventilasi dapat ditingkatkan dengan menambah HEPA filter di dalam ruangan.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Sebab, HEPA filter dapat mengurangi jumlah partikel infeksius di udara dan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap COVID-19. Apalagi jika ditambah dengan pemakaian masker.

Laporan terbaru CDC menemukan bahwa pembersih udara HEPA filter di dalam ruangan dapat mengurangi konsentrasi partikel aerosol (tetesan pernapasan yang sangat kecil) hingga lebih dari 80 persen dalam waktu 30 menit.

Salah satu produk air purifier untuk menekan penularan COVID-19 di dalam ruangan adalah Tornado AP-1520C keluaran Coway Indonesia. Direktur Utama Coway International Indonesia, Andy Kim, menjelaskan produknya memiliki RBD Plasma Filter dan HEPA Filter yang berfokus untuk mengurangi virus seperti COVID-19 dalam ruangan tertutup dengan lebih efektif.

Tidak hanya mengoptimalkan sirkulasi udara, Air Purifier Tornado AP-1520C juga memberikan informasi tingkat polusi dalam ruangan tertutup atau menginformasikan ambang batas normal udara yang layak dihirup. Indikator partikel halus (PM2.5) dan gas ini memastikan kita bernapas pada udara bersih, meski di ruangan tertutup.

"Kami akan terus fokus pada penyediaan produk dan layanan inovatif yang dapat meningkatkan nilai pelanggan berdasarkan know-how dan daya saing yang kami miliki,” ungkap Kim, Rabu, 11 Agustus 2021.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya