Dicari Bibit Talenta Digital untuk Ditempa, Apakah Kamu?

Ilustrasi talenta digital.
Sumber :
  • agendaNi

VIVA – Pemerintah menargetkan bisa mencetak 600 ribu talenta digital per tahun. Hal ini diharapkan bisa dilakukan selama 15 tahun ke depan, sehingga Indonesia akan memiliki 9 juta sumber daya manusia atau SDM digital untuk berbagai kegiatan produktif.

Indosat Siap Bantu Pemerintah Ciptakan 1 Juta Talenta Digital

Laporan East Ventures Digital Competitiveness Index (EVDCI) menunjukkan bahwa Indonesia masih perlu bekerja ekstra keras, terutama dalam meningkatkan daya saing digital, yang dalam hal membangun talenta digital yang terampil, cekatan, dan berwawasan dalam mengembangkan kewirausahaan.

Senada dengan pemerintah, studi yang dilakukan oleh Tan and Tang dan disadur dalam Laporan Bank Dunia ini menyebutkan Indonesia membutuhkan rata-rata 600 ribu SDM digital setiap tahunnya.

Apple Developer Academy, Wadah Menggembleng Calon Talenta Digital

Vice President HC Experience Management Telkomsel, Andry Firdiansyah, mengatakan, SDM atau talenta digital adalah fondasi penting bagi Indonesia. Untuk itu, operator telekomunikasi pelat merah tersebut berupaya memaksimalkan potensi talenta digital untuk berkembang, yang salah satunya, melalui Telkomsel Tech Titans League 2021.

"Kami ingin mengakselerasi lebih banyak talenta digital agar dapat menghadirkan beragam solusi melalui pemanfaatan teknologi terkini yang penerapannya dapat bermanfaat bagi masyarakat secara luas," kata dia, Sabtu, 28 Agustus 2021.

100 Ribu Orang Jadi Target

Menurutnya, program ini mempertegas dukungan Telkomsel dalam membangun SDM teknologi dan digital Tanah Air supaya berdaya saing tinggi. "Kami mengajak seluruh talenta digital di Indonesia untuk ambil bagian di dalam program Telkomsel Tech Titans League 2021,” tuturnya.

Pada tahun ini, Telkomsel Tech Titans League menghadirkan tiga topik yang terbagi menjadi tiga seri, yaitu Data Science/Analytics, Software Development, dan Machine Learning. Ketiga topik tersebut merupakan emerging competency yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan teknologi digital saat ini.

Data Science/Analytics akan menjadi seri pembuka dengan online challenge yang dijadwalkan berlangsung pada 11 September 2021, yang kemampuan setiap pesertanya akan diuji. Kegiatan akan berlanjut ke sesi webinar tiga hari kemudian.

Webinar tersebut akan diisi oleh para ahli di bidang teknologi, baik dari praktisi di Telkomsel maupun dari pihak eksternal untuk berbagi pengalaman, pengetahuan, tren teknologi digital terbaru hingga tips. Pendaftaran Telkomsel Tech Titans League 2021 dapat dilakukan secara gratis melalui www.telkomseltechtitans.com.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya