5 Cara Membuka Situs yang Diblokir Anti Ribet dan Gagal

Ilustrasi situs web.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Banyaknya situs yang dilarang oleh pemerintah menyebabkan beberapa orang yang mencari cara membuka situs yang diblokir. Adakalanya untuk mengakses situs tertentu kita dihadapkan dengan pemberitahuan situs telah diblokir.

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya

Salah satu alasan pemerintah memblokir situs tersebut adalah tidak ingin ada warganya yang mengakses situs tersebut karena berisi konten yang tidak layak akses serta berlawanan dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi elektronik.

Pemblokiran salah satu situs juga memiliki tujuan untuk menjaga jaringan internet yang ada di dalam negeri sehingga tidak terkena virus yang bisa membocorkan data pemakai internet dan membahayakan masyarakat kedepannya.

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Nobar Kreatif di Dunia Digital Sejak Dini

Selain itu, terdapat beberapa akses internet yang berada di tempat umum seperti kantor atau sekolah juga memblokir situs yang sebetulnya dapat diakses memakai jaringan pribadi. Tidak heran apabila banyak orang yang mencari sejumlah cara membuka situs yang diblokir. Nah, berikut beberapa caranya yang disadur dari beberapa sumber.

Lalu, Bagaimana Cara Membuka Situs yang Diblokir?
Cara Membuka Situs yang Diblokir Memakai VPN

Telkomsel Kasih Kabar Positif

VPN.

Photo :
  • U-Report

Cara membuka situs yang diblokir pertama adalah memakai VPN atau Virtual Private Network. Sederhananya, VPN merupakan sebuah alat yang mengenkripsi lalu lintas internet kamu dan memungkinkan kamu untuk memalsukan alamat protokol internet atau IP, sehingga tidak ada yang dapat melihat lokasi sebenarnya.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang ingin mengakses situs yang telah diblokir secara geografis. Contohnya situs di Amerika Serikat tidak dapat diakses di wilayah Indonesia. VPN akan membantu kamu untuk mengubah alamat IP yang awalnya berlokasi di Indonesia berubah menjadi lokasi di AS sehingga bisa mengakses situs tersebut.

Selain itu, VPN juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi web yang terkena sensor. Kamu bisa mengaksesnya secara langsung melalui server VPN yang berarti penyedia layanan internet atau internet service provider (ISP) tidak akan mengetahui situs yang dikunjungi dan tidak bisa memblokirnya.

Keunggulan lain yang dimiliki oleh VPN adalah kemudahan untuk membuat aktivitas daring atau online kamu sepenuhnya anonim atau tidak diketahui. Dengan memakai cara ini, penyedia layanan internet tidak bisa melacak kamu ketika membuka situs yang terblokir atau dibatasi di negara yang dipakai jaringan.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Memakai Google Translate

Google Translate.

Photo :
  • Instagram/@computerpaytakhtqom

Selain digunakan untuk fungsi aslinya sebagai alat penerjemah, Google Translate juga bisa dipakai untuk mengakses situs terblokir. Cara ini kadang tidak selalu berhasil, tapi dapat memberikan alternatif sederhana untuk memakai situs proxy atau browser portable. Berikut langkah-langkahnya:

Buka situs https://translate.google.com/ pada browser kamu.
Masukkan alamat situs yang hendak dikunjungi dalam kotak teks yang tersedia.
Pilih bahasa apa pun.
Ada beberapa tampilan tautan berwarna biru yang bisa diklik pada kotak paling kanan. Kemudian pilih tautan tersebut.
Langkah terakhir, jelajahi situs tersebut!
Cara Membuka Situs yang Diblokir Memakai Browser Extension
Cara membuka situs yang diblokir selanjutnya adalah memakai ekstensi browser untuk bisa mengakses situs we secara teratur. Terdapat beberapa pilihan mulai dari UltraSurft, ProxMate, Hola, dan lain sebagainya. Supaya bisa mendapatkannya, kamu hanya perlu mengunjungi bagian extension dalam browser kemudian pilih salah satu yang sesuai dengan pilihanmu.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Memakai Browser Opera

Opera Browser.

Photo :
  • Tangkapan Layar

Opera adalah salah satu browser yang telah dilengkapi dengan VPN, sehingga kamu tidak perlu mengunduh VPN dalam ponsel milikmu. Opera juga telah mengeluarkan aplikasi yang bernama Opera VPN Android yang berguna untuk memudahkan kamu dalam membuka berbagai situs, termasuk situs yang diblokir di telepon genggam. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka browser Opera, lalu pilih ikon tiga garis di bagian pojok atas kemudian gulir ke bawah sampai menemukan tulisan ‘”VPN enable in setting”.
Aktifkan VPN dengan cara mencentang “Enable VPN”.
Untuk memastikan VPN aktif, kamu hanya perlu membuka tab baru dalam browser, lalu cek apakah sudah ada tanda VPN di samping kontak pencarian URL.
Apabila sudah ada, kamu hanya perlu menuliskan URL lama yang ingin dikunjungi.
Cara Membuka Situs yang Diblokir Memakai Alamat IP alih-alih URL

CMD Command Prompt

Photo :
  • Tangkapan Layar

Terdapat kemungkinan bahwa situs yang diblokir merupakan URL bukan alamat IP. Bila ini masalahnya, maka kamu bisa membuka situs terblokir dengan memakai alamat IP-nya. Alamat IP berbentuk deretan angka. Untuk mengakses salah satu situs dengan memakai cara ini, kamu hanya perlu menemukan dan menyalin IP ke browser.

Namun, yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menemukan alamat IP dalam sebuah web? Terdapat beberapa langkah yang bisa digunakan untuk menemukan alamat IP menggunakan windows.

Ketik “CMD” pada menu mulai laptop kamu.
Kemudian buka program yang bernama Command Prompt.
Tuliskan kata “‘ping” dan nama situs web yang akan kamu buka blokirnya, misalnya hujan.com.
Setelah itu, tekan enter pada laptop kemudian kamu akan melihat deretan angka alamat IP dari situs yang dimasukkan.
Salin dan tempelkan alamat IP tersebut ke bilah pencarian kamu.

    Halaman Selanjutnya
    Halaman Selanjutnya