Mengenal FB Lite Beserta Kekurangan dan Kelebihannya

Facebook Lite
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – FB Lite atau Facebook Lite merupakan media sosial yang masih banyak digemari khususnya di Indonesia sendiri. Berselancar di dunia maya sebenarnya memiliki banyak keuntungan seperti memenuhi hobi, menambah lingkar pertemanan, atau mengembangkan bisnis.

Pembunuhan Wanita Hamil di Kelapa Gading, Pelaku Rampas Ponsel Korban Sebelum Kabur

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, media sosial bahkan semakin banyak memunculkan kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses berbagai informasi. Berbagai jenis media sosial saat ini hadir dengan menghadirkan keunggulannya masing-masing.

Facebook adalah salah satu media sosial yang memiliki fans dan masih bertahan sampai saat ini. Facebook lahir sejak tahun 2004 silam, Facebok berhasil mempertahankan penggunanya untuk tetap setia menggunakannya.

Rencana AS untuk Melarang TikTok Memicu Perpecahan Nasional

Walaupun banyak media sosial yang baru dengan segudang keunggulan, namun Mark Zukerberg tidak kalah menciptakan inovasi terbaru untuk produknya tersebut. Pada awalnya, Facebook hanya bisa diakses menggunakan personal komputer atau PC. Namun, kini Facebook mudah untuk diakses menggunakan ponsel apapun.

Lalu, Apa yang Dimaksud dengan FB Lite?
Facebook Lite atau FB Lite

KPK Ungkap Nilai TPPU Eko Darmanto usai Jadi Tersangka, Nilainya Gak Main-main

Facebook Lite

Photo :
  • Tangkapan Layar

FB Lite atau Facebook Lite adalah inovasi baru dengan versi yang lebih ringan dari aplikasi Facebook. FB Lite juga memudahkan penggunanya yang mempunyai jaringan terbatas. Kini, aplikasi FB Lite hanya dapat digunakan oleh pengguna Android saja, tidak untuk pengguna iPhone.

Facebook meluncurkan Facebook Lite pada tahun 2015 lalu. Aplikasi ini diperuntukkan bagi pengguna ponsel ponsel low-end atau di daerah yang memiliki jangkauan internet kurang memadai. FB Lite juga bisa dikatakan minimalis karena kamu hanya akan menemukan fungsi-fungsi dasar Facebook dan tampilannya yang sangat sederhana.

Walaupun demikian, FB Lite buka aplikasi Facebook versi standar yang ditelanjangi. Aplikasi ini justru dibangun sejak awal dan sama sekali tidak mengambil bentuk orisinal Facebook. Menariknya, penguna FB Lite juga tetap bisa menggunakannnya tidak jauh berbeda dengan Facebook biasa.

Laman utama FB Lite ini dihiasi dengan News Feed, Friend Requests, Videos, Messages, Notifications, serta Options. Apabila fungsi yang ditawarkan sama seperti Facebook biasanya, lalu apa keunggulan FB Lite ini?

Keunggulan FB Lite

Facebook Lite

Photo :
  • Tangkapan Layar

Menghemat Pemakaian Data
Dengan memakai FB Lite ini kamu bebas untuk menjelajah dunia maya tanpa khawatir data internet habis. Sebab, hal ini merupakan sesuatu yang diidam-idamkan oleh pengguna media sosial. Hal inilah yang membuat aplikasi FB Lite ini banyak diburu oleh orang-orang karena memiliki kelebihan dalam penghematan data internet dengan baik.

Dengan demikian, FB Lite dapat digunakan untuk ponsel dengan jaringan 2G dan memakai sedikit data. Karena aplikasi ini tidak melakukan download gambar dengan resolusi tinggi. Gambar-gambar yang muncul di jendela FB Lite memiliki resolusi yang rendah. Selain itu, video hanya dapat berjalan secara otomatis ketika terhubung dengan WIFI.

Menghemat Ruang Penyimpanan
Apabila dibandingkan dengan aplikasi Facebook biasa, FB Lite ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Ukurannya hanya sekitar 1 MB saja yang membuatnya lebih mudah dan efisien untuk dipakai dalam ponsel dengan memori RAM yang lebih kecil.

Hal ini akan memberikan keuntungan untuk kamu ketika ingin menyimpan kebutuhan lain. Selain itu, efek dari ukuran aplikasi yang kecil ini bisa terlihat ketika kamu menginstal yang hanya membutuhkan waktu sebentar saja.

Bisa Diakses Untuk Semua Jaringan
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu keunggulan FB Lite ini adalah kemampuan yang bisa digunakan dalam semua jaringan internet. Walaupun ponsel kamu hanya memiliki jaringan E atau Edge, kamu tetap bisa menjalankan aplikasi ini. Selain itu, FB Lite juga bisa dinikmati dalam berbagai kondisi dan situasi.

Tampilan Sederhana
FB Lite mengusung tampilan sederhana ketimbang aplikasi Facebook biasanya. Hal ini disebabkan ada beberapa fitur yang tidak muncul dalam aplikasi FB Lite. Fitur-fitur berat tidak hadir dalam FB Lite sehingga membuatnya semakin ringan. Jadi, jangan kaget bila kamu tidak bisa memutar video dalam aplikasi FB Lite.

Dapat Digunakan untuk Android Lama
Walaupun aplikasi ini tergolong masih baru, tapi bukan berarti hanya dapat diakses oleh ponsel kekinian saja. Pengguna Android lama tidak harus ragu untuk dapat menikmati aplikasi FB Lite, sebab aplikasi ini dapat dipakai untuk semua jenis ponsel termasuk Android lama.

Anti Loading
Ketika menggunakan media sosial, kita pasti tidak akan jauh dari kegiatan menggunggah status, foto dan video. Dengan memakai FB Lite maka proses loading unggah tersebut akan jauh lebih cepat. Tentunya hal ini akan semakin mempermudah aktivitasmu dan menghemat waktu yang dipakai.

Kekurangan Aplikasi FB Lite

Facebook Lite

Photo :
  • Tangkapan Layar

Fitur Tidak Komplit
Dalam aplikasi FB Lite terdapat beberapa fitur yang dihilangkan karena bisa memberatkan aplikasi ini. Hal inilah yang memberikan dampak baik untuk meringankan aplikasi. Namun, kamu tidak bisa memakai fitur-fitur berat layaknya aplikasi Facebook biasanya.

Tidak Load Otomatis
Walaupun memiliki load yang cepat, tapi FB Lite ini masih memiliki kekurangan yaitu tidak bisa load secara otomatis. Hal ini bisa dirasakan ketika scrolling halaman Facebook. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab dengan kelebihan memiliki memori kecil berdampak pada fitur load yang tidak dapat dilakukan secara otomatis.

Kualitas Unggah Gambar Rendah
FB Lite memiliki tampilan yang lebih sederhana sehingga berpengaruh pada kualitas gambar yang lebih rendah pula. Hal ini juga dipengaruhi oleh adanya load yang cepat, sehingga berdampak pada kualitas gambar atau foto yang diunggah tidak sebagus aplikasi Facebook biasanya.

Hasil Unduh Gambar Memiliki Kualitas Rendah
Kekurangan selanjutnya yang ada di dalam aplikasi FB Lite adalah ketika mengunduh foto. Kualitas gambar tidak akan terlalu bagus bila memakai aplikasi FB Lite ini. Bahkan gambar akan menjadi pecah atau tampak kotak-kotak ketika diperbesar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya