Wikimedia Gelar Kontes Bebaskan Pengetahuan

VIVAnews - Wikipedia bahasa Indonesia adalah situs web ensiklopedia terbesar berbahasa Indonesia yang seluruh artikelnya diisi dan dijaga oleh sukarelawan.

Per bulan Maret 2010, Wikipedia Indonesia memiliki lebih dari 119 ribu artikel dengan catatan kunjungan hingga 1,2 juta per harinya.

“Tetapi, pengguna yang menyunting lebih dari tiga kali dalam sehari hanya sekitar 30 orang,” kata Siska Doviana, Sekretaris Eksekutif Wikimedia Indonesia di Gedung Kemkominfo, Jakarta, 30 Maret 2010. “Angka ini stagnan sejak tahun 2005 dan cenderung menurun,” ucapnya.

Tentu saja, Siska mengatakan, berkurangnya pengguna sangat aktif ini berdampak langsung pada penurunan jumlah artikel baru dan kualitas artikel di Wikipedia Bahasa Indonesia.

Karena itu, Wikimedia Indonesia menggelar kompetisi Bebaskan Pengetahuan 2010. Kompetisi ini digelar sebagai upaya untuk menjaring relawan muda berbakat dari kalangan akademisi untuk ikut membebaskan pengetahuannya dan memperkaya artikel seputar pengetahuan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar melalui medium internet.

Sebagai informasi, Wikipedia merupakan situs dengan peringkat ke-11 yang paling banyak dikunjungi di Indonesia (versi  Alexa), di mana sekitar 40 persen di antaranya dari arus pengunjung Indonesia singgahi yang menyinggahi situs Wikipedia Bahasa Inggris, dan 50 persen mengunjungi Wikipedia berbahasa Indonesia.

Wikipedia Bahasa Indonesia sendiri dirintis sejak bulan Mei 2003. Dalam waktu singkat, di awal tahun 2004, posisinya meroket ke peringkat 50 dunia, ditinjau dari banyaknya artikel. Kini posisinya bertengger di peringkat 25, naik satu peringkat dibandingkan tahun lalu.

Selain Bahasa Indonesia, Wikipedia juga memiliki artikel Bahasa Jawa sebanyak 26.503 artikel, Bahasa Sunda sekitar 14.556 artikel, Banyumasan 3.162 artikel, Bahasa Aceh 1.150 artikel, Bahasa Bugis 216 artikel, dan Bahasa Melayu dengan 62.050 artikel.