Durasi Ideal Olahraga untuk Jaga Imun saat Pandemi

Ilustrasi olahraga/lari.
Sumber :
  • Freepik/master1305

VIVA – Laporan mengenai penanganan COVID-19 di Indonesia menyebutkan terdapat tambahan kasus baru positif Virus Corona sebanyak 2.577 kasus, 12.474 kasus sembuh, dan 276 kematian akibat pandemi pada Senin, 13 September 2021. Data perkembangan penyebaran COVID-19 ini dipublikasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Dengan penambahan 2.577 kasus baru, total kasus positif COVID-19 yang ditemukan di Indonesia sejak awal Maret 2020 hingga sekarang berjumlah 4.170.088 orang. Sementara total pasien sembuh Virus Corona berjumlah 3.931.227 orang, sementara total kasus kematian mencapai 139.165 orang.

Sebuah riset yang berjudul Physical Exercise as a Tool to Help the Immune System Against COVID-19: An Integrative Review of the Current Literature, mengungkapkan bahwa latihan fisik seperti olahraga merupakan salah satu cara untuk membantu sistem kekebalan terhadap COVID-19.

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Untuk itu, sangatlah penting bagi masyarakat untuk rutin berolahraga. Selain menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin, masyarakat juga harus menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah penularan Virus Corona.

Olahraga rutin termasuk salah satu cara menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah tertular COVID-19. "Selain menerapkan protokol kesehatan, gaya hidup sehat juga turut berperan penting dalam mencegah penularan Virus Corona," kata Gia Pratama Putra, seorang dokter dan penulis buku, Senin, 13 September 2021.

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) juga menyatakan bahwa olahraga 150 menit seminggu wajib dilakukan demi menjaga imun serta mencegah tertular COVID-19. Chief Marketing Officer AIA, Kathryn Monika Parapak, berterima kasih kepada masyarakat, nasabah, hingga mitra bisnis yang sudah bersama-sama bergotong royong menanggulangi pandemi.

Ia juga mengajak masyarakat mengadopsi gaya hidup sehat, baik fisik maupun mental. "Ada begitu banyak isu kesehatan selain COVID-19 yang menjadi kekhawatiran masyarakat di Indonesia. Kami terus hadir sebagai komitmen untuk membantu masyarakat hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik," jelas Parapak.

Sebelumnya, AIA berkolaborasi dengan GoPay, anak usaha Gojek, menghadirkan produk asuransi untuk para gamer bernama Proteksi Gamers di platform GoSure sebagai terobosan dalam meningkatkan penetrasi dan akses masyarakat kepada produk asuransi.

Platform terbarunya itu akan terus mengembangkan produk asuransi mikro yang dibutuhkan untuk melindungi pengguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, tidak terkecuali profesi gamer eSports yang juga rentan terhadap risiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya