Pagi Ini Ada Sesuatu yang Terbang di Langit

Peluncuran SpaceX.
Sumber :
  • NASA

VIVA – Pagi ini ada sesuatu yang terbang di langit. Misi pengiriman warga sipil ke luar angkasa pertama di dunia akan dilaksanakan oleh SpaceX. Misi yang disebut Inspiration4 ini akan diluncurkan dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat (AS) pada Rabu, 15 September pukul 20.02 EDT atau Kamis, 16 September 2021 pukul 07.02 WIB.

Gawat! Elon Musk Ngobat

Misi akan mengirim empat warga sipil, yakni Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Sian Proctor, dan Chris Sembroski. Mereka akan menghabiskan waktu selama tiga hari mengelilingi Bumi.

Isaacman akan menjadi komandan misi. Ia merupakan seorang pilot jet yang mendanai perjalanan tersebut dalam kesepakatan pribadi yang dibuat dengan SpaceX, menurut laman Daily Mail, Kamis, 16 September 2021.

Elon Musk Blak-blakan Tidak Akan Sumbang Duit Pada Capres AS

Tim akan menumpang kapsul SpaceX Crew Dragon versi modifikasi. Kendaraan ini menampilkan jendela berkubah atau 'cupola' yang memungkinkan penumpang bisa melihat beberapa pemandangan ruang angkasa yang sensasional.

Elon Musk Sindir Meta Gegara Facebook dan Instagram Down

Inspiration4 adalah misi terbaru dalam rangkaian penerbangan luar angkasa ambisius yang digembar-gemborkan oleh Elon Musk, mengikuti Virgin Galactic milik Richard Branson dan Blue Origin karya Jeff Bezos pada awal musim panas ini.

Pada pekan lalu, situs web Inspiration4 mengkonfirmasi bahwa tim beranggotakan empat orang itu telah tiba di Florida, sehari setelah menyelesaikan hari terakhir pelatihan astronot di markas SpaceX di Hawthorne, California, AS.

"Setelah tiba, tim dari SpaceX dan Inspiration4 juga bertemu kemarin malam untuk tinjauan kesiapan penerbangan lanjutan dan pengarahan cuaca awal," ujar Musk. Situs web juga mengkonfirmasi bahwa jendela peluncuran lima jam dibuka pada Rabu, 15 September pukul 20.02 EDT atau Kamis, 16 September 2021 pukul 07.02 WIB.

Jika ada halangan atau kendala, jendela cadangan tersedia pada Kamis hari ini pukul 20.05 EDT atau Jumat, 17 September 2021 pukul 07.05 WIB. US Space Force's 45th Weather Squadron memperkirakan peluang kondisi yang menguntungkan untuk lepas landas hingga 70 persen. Tim di bawah komando Isaacman akan diluncurkan di atas Roket Falcon 9 milik SpaceX.

Isaacman adalah CEO Shift4 Payments, sementara Proctor adalah pendidik perguruan tinggi komunitas di Arizona, Chris Sembroski merupakan mantan penembak rudal Angkatan Udara AS dari Washington, sedangkan Hayley Arceneaux adalah asisten dokter di St. Jude Children's Research Hospital, Tennessee.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya