Harga Wisata Luar Angkasa Bikin Perut Mules, Kepala Kliyengan

Tiga miliarder Elon Musk, Jeff Bezos dan Richard Branson, berlomba pamer wisata luar angkasa.
Sumber :
  • Asia's Tech News Daily

VIVA – SpaceX sukses menerbangkan empat warga sipil ke luar angkasa dalam misi yang disebut Inspiration4. Mereka akan menghabiskan waktu selama 3 hari di orbit Bumi untuk melakukan eksperimen dan merasakan Bumi dari kejauhan seperti layaknya turis sedang bertamasya.

Homestay di 21 Desa Wisata Sudah Disuntik SMF Rp 13,5 Miliar

Mereka harus mengorbit di sekitar Bumi sebanyak 45 kali, yang berarti mereka akan menyaksikan planet ini secara keseluruhan. Jendela berkubah menawarkan kru pemandangan yang tak tertandingi dari Bumi dan ruang angkasa.

Setiap anggota akan dapat dengan mudah melayang ke jendela karena mereka tidak akan merasakan gravitasi selama di sana. Selama tiga hari di luar angkasa, semua penumpang harus berbagi toilet khusus tanpa gravitasi yang terletak di dekat bagian atas kapsul.

Pesan Ijeck saat Buka Ramadhan Wisata Rally IMI Sumut

Kamar mandi tidak akan tersedia dan semua kru harus tidur di kursi bersandar yang sama yang akan mereka tumpangi selama peluncuran. Mereka kemudian akan kembali ke Bumi dan mendarat di laut, mengutip dari situs Express, Jumat, 17 September 2021.

Satu dari empat kru ini adalah miliarder berusia 38 tahun yang secara pribadi membiayai seluruh misi, Jared Isaacman, seorang penyintas kanker. Ia merupakan orang pertama dengan bagian tubuh palsu yang pergi ke luar angkasa.

Sport Tourism Jadi Cara Jitu Datangkan Wisatawan

Isaacman menggunakan perjalanan ruang angkasa ini sebagai pusat dari penggalangan dana US$200 juta atau Rp2,8 triliun untuk St. Jude Children's Hospital. US$100 juta atau Rp1,4 triliun di antaranya ia sumbangkan secara pribadi dan sisanya diharapkan dapat dikumpulkan melalui sumbangan online dan lelang yang akan datang.

Misi ini mungkin menjadi titik awal dari pasar baru untuk pariwisata luar angkasa, menurut Kepala Eksekutif SpaceX Elon Musk. Harga perjalanan pulang pergi ke luar angkasa harus mencakup seluruh konstruksi roket, pesawat ruang angkasa Crew Dragon, dan tim pemantau di Bumi.

Meskipun rincian harga belum diumumkan resmi oleh SpaceX, namun kemungkinan harganya ada di angka Rp2,8 triliun. Menurut sebuah laporan milik pemerintah AS, kapsul Crew Dragon SpaceX berharga sekitar US$55 juta atau Rp784 miliar per kursi.

NASA memperkirakan Crew Dragon memiliki 1 dari 270 kemungkinan kegagalan, berdasarkan satu metrik yang digunakan badan penerbangan dan antariksa AS itu. Misi Crew Dragon dalam waktu dekat juga mencakup campuran penerbangan yang ditugaskan NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan misi wisata luar angkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya